Search

Tak Cuma RI, Negara Ini juga Pernah Blokir Medsos

Jakarta, CNBC IndonesiaPemerintah memutuskan untuk membatasi sementara beberapa fitur dalam media sosial, baik itu Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Hal ini diumumkan dalam konferensi pers bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian.


Berdasarkan catatan, Indonesia bukan negara pertama yang membatasi akses terhadap media sosial. Bahkan negara lain ada yang memblokir akses terhadap media sosial.


Inilah negara-negara yang memblokir dan membatasi akses terhadap media sosial.


1. China

Negara ini paling aktif untuk memblokir beberapa situs dan aplikasi terbesar dunia, seperti Facebook, Google, Instagram dan lain-lain. Negara komunis ini hanya membolehkan situs pencari dan media sosial dalam negeri, namun juga dalam kontrol yang ketat.


2. Rusia

Negara ini pernah memblokir akses ke media sosial asal China WeChat pada pertengahan 2017 karena melanggar aturan registrasi. Selain itu, situs LinkedIn juga pernah diblokir di Rusia.


3. Korea Utara

Korea Utara telah memblokir Facebook, Youtube, Twitter, dan situs yang berasal dari Korea Selatan sejak 2016 lalu. Korea Utara merupakan salah satu negara yang aktif membatasi informasi dari luar negeri.

Pemerintah setempat mengumumkan secara resmi pada 2016 memblokir Facebook, Youtube, Twitter, dan situs yang berasal dari Korea Selatan. Kementerian Telekomunikasi Korea Utara menyatakan bahwa pemblokiran dilakukan untuk membatasi akses dari luar negara itu.


4. Sri Lanka

Sri Lanka memblokir akses ke Facebook dan WhatsApp, Senin (13/05/2019), setelah sebuah postingan memicu kerusuhan anti-Muslim di beberapa kota. Kejadian ini merupakan dampak terbaru dari serangan beberapa bom bunuh diri di tiga gereja saat perayaan Minggu Paskah.


5. Mesir

Mesir pernah memblokir akses ke media sosial pada 2010, ketika Hosni Mobarak masih menjabat sebagai Presiden.


6. Republik Kongo, Chad, dan Uganda

Beberapa negara di Afrika telag melarang penggunaan media sosial ketika proses pemilu berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mencegah beredarnya informasi palsu terkait hasil pemilu.

Saksikan Video Pemblokiran Akses WhatsApp Cs Bersifat Sementara
[Gambas:Video CNBC]

(dob/roy)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VW88Hw

May 22, 2019 at 11:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Cuma RI, Negara Ini juga Pernah Blokir Medsos"

Post a Comment

Powered by Blogger.