Search

Sebelum Mudik, Yuk Kenali Sistem One Way di Tol Trans Jawa

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan suci Ramadan sudah sampai pada pengujung bulan. Muslim di Indonesia punya tradisi pulang kampung atau mudik saat Hari Raya Idul Fitri atau yang juga dikenal dengan sebutan Lebaran. Bersilaturahmi dengan keluarga adalah kerinduan bagi tiap insan.

Ada yang berbeda pada mudik Lebaran 2019. Salah satunya adalah keputusan Korlantas Mabes Polri bersama stake holder terkait menerapkan kebijakan sistem satu arah (one way) di Jalan Tol Trans Jawa.


Kebijakan sistem one way diberlakukan untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju ke arah Jawa Tengah. Waktu penerapanya pada tanggal 30 Mei-2 Juni 2019 dari KM 70 Gerbang Tol Dawuan-KM 263 Brebes Barat. 


Waktu penerapan one way ada pada pukul 08.00-21.00 WIB. Sedangkan penerapan dua arah pada pukul 22.00 - 06.00 WIB dengan ketentuan bahwa penerapan ini bisa berubah sesuai situasi dan kondisi lapangan. Saat one way diberlakukan, jalur B diperuntukan untuk kendaraan kecil dan mobil pengangkut BBM.

Sebelum Mudik, Yuk Kenali Sistem One Way di Tol Trans JawaFoto: Infografis/Daftar Rest Area Pemudik Tol Trans Jawa/Edward Ricardo

Skenario sistem satu arah arus mudik 2019 yang akan menuju Jakarta dari arah Semarang dikeluarkan melalui Exit tol Brebes Barat melalui Pantura menuju Cirebon hingga Karawang Barat. Masuk kembali ke gate tol Karawang hingga akhirnya menuju Jakarta.

Kemudian, kendaraan dari arah Purwokerto menuju Jakarta diarahkan menuju pantura lalu kemudian menuju Cirebon dan Jakarta. 

Sementara itu, kendaraan yang akan menuju Purwokerto dan seterusnya tidak perlu keluar di Pejagan. Pengendara dapat keluar di tol Pemalang lalu ke Selatan hingga Purwokerto.

Selanjutnya untuk arus balik dari arah Semarang menuju Jakarta pada tanggal 7-9 Juni 2019. Mulai dari km 263 Pintu Tol Brebes Barat hingga KM 70 Gerbang Tol Dawuan, bertepatan pada pukul 12.00-24.00 WIB.

Skenario arus balik kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang atau Jawa Tengah akan dikeluarkan ke jalur Pantura melalui Exit Tol Karawang. Untuk kendaraan yang menuju ke Semarang, diarahkan melalui Pantura, Subang, Cirebon, dan masuk tol Brebes Barat hingga selanjutnya menuju Semarang.

Pemudik tak perlu ragu dengan situasi padat di lajur mudik. Karena ada pembatasan operasional angkutan truk selama masa mudik lebaran 2019. Kendaraan itu seperti mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih dan mobil barang dengan kereta tempelan dan kereta gandengan.


Untuk waktu pembatasan angkutan truk pada arus mudik yakni mulai 30 Mei 2019 pukul 00.00 WIB sampai 2 Juni 2019 pukul 24.00 WIB. Sedangkan untuk arus balik mulai dari 8 Juni 2019 pukul 00.00 WIB sampai 10 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

Simak video terkait skema one way di Jalan Tol Trans Jawa di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2JIcsnm

May 28, 2019 at 11:12PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sebelum Mudik, Yuk Kenali Sistem One Way di Tol Trans Jawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.