Search

Kaya Data dan Login Lebih Simple, KSEI Luncurkan AKSes Next-G

Jakarta, CNBC Indonesia - Bila tak ada aral yang melintang, besok Senin (20/5/2019), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G).

Berdasarkan informasi yang diterima oleh CNBC Indonesia, berbeda dengan AKSes sebelumnya, AKSes Next-G ini menawarkan proses registrasi dan login yang jauh lebih mudah, namun dengan tingkat keamanan yang lebih baik

Selain itu, fasilitas AKSes Next-G juga dibuat lebih menarik dengan memperhatikan penataan halaman utama dan menu. Pada halaman utama (landing page), pengguna fasilitas AKSes dapat melihat data statistik pasar modal dan informasi berita/artikel seputar industri keuangan.

Selain itu pada menu 'Pusat Informasi' terdapat data investor per daerah di Indonesia hingga ke tingkat kota yang dapat diakses oleh publik,

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan salah satu alasan utama pengembangan AKSes Next-G adalah karena masih rendahnya pemanfaatan fasilitas AKSes sebelumnya serta adanya kebutuhan dari investor untuk proses login yang lebih cepat dan mudah.

"Sebelumnya untuk menggunakan fasilitas AKSes, investor harus lebih dahulu menerima Kartu AKSes dan PIN Code yang kadang membutuhkan waktu karena dokumen berbentuk fisik dan proses distribusi. Dengan AKSes Next-G, cukup menggunakan data pribadi untuk login," kata Friderica.

Hingga 16 Mei 2019, jumlah investor yang yang menggunakan fasilitas AKSes masih kurang dari 12%. Kendala yang dihadapi dari rendahnya pemanfaatan AKSes adalah proses registrasi yang masih membutuhkan dokumen fisik berupa Kartu AKSes dan PIN Code. Selain itu, fitur-fitur yang terdapat pada fasilitas AKSes versi sebelumnya masih sangat terbatas.

Fasilitas AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI agar investor di pasar modal dapat secara langsung memantau portofolio kepemilikan Efek dan dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabah (RDN). Peluncuran fasilitas AKSes pertama kali dilakukan KSEI pada tahun 2009 dengan nama Investor Area.

Pengembangan fasilitas AKSes dilatarbelakangi adanya kebutuhan dari para investor untuk memantau portofolio investasi di pasar modal Indonesia secara langsung di KSEI selaku Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian.

Dengan pemantauan secara berkala melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan (account statement) yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI.

Pengembangan AKSes Next-G merupakan inisatif KSEI dan salah satu proyek multi-years yang termasuk dalam rencana strategis KSEI jangka panjang.

"Dengan jumlah investor pasar modal yang telah mencapai 1,89 juta per 16 Mei 2019, KSEI berharap makin banyak investor yang akan memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G," tutup Friderica.

Kaya Data & Login Lebih Simple, KSEI Luncurkan AKSes Next-GFoto: Arie Pratama
(dob/dru)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2QabEbm

May 19, 2019 at 10:30PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kaya Data dan Login Lebih Simple, KSEI Luncurkan AKSes Next-G"

Post a Comment

Powered by Blogger.