
Rudiantara mengatakan pada tahap awal perbankan menggunakan teknologi pesan singkat (SMS) untuk memberikan notifikasi pada pemilik rekening. Fase selanjutnya masuk ke era contextual notification dengan pendekatan artificial intelligence (AI). Era ini menggunakan pendekatan pengalaman pelanggan atau customer experience.
"Tren yang terjadi di perbankan yang saya baca Banking 4.0. Transaksinya enggak ada beda antara bank dan fintech, perusahaan yang menggunakan teknologi transaksi yang sama," jelas Rudiantara dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum, Kamis (9/5/2019).
"Bank tidak usah khawatir dengan [fintech] payment, uangnya disimpan di bank. Sebagai yang mengelola dana masyarakat, hanya beberapa derivatif [turunan] yang akan berubah."
Sebagai informasi, salah satu bentuk layanan perbankan Banking 4.0 ini yakni layanan jasa keuangan sudah bisa dilakukan di platform non-bank atau yang tidak berkaitan dengan bank, misalnya aplikasi.
CNBC Indonesia menyelenggarakan CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan.
Diskusi ini diselenggarakan pada Kamis, 9 Mei 2019 pukul 13.30 WIB di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta. Acara yang dikemas dalam format talkshow ini disiarkan langsung melalui Live Streaming di situs CNBCIndonesia.com.
(roy/tas)
http://bit.ly/2DXZPA6
May 09, 2019 at 10:33PM
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Rudiantara: Sekarang Eranya Banking 4.0"
Post a Comment