Search

Sudah Setor Dividen, Kapan Pertamina Rilis Laporan Keuangan?

Jakarta, CNBC Indonesia-  Pekan lalu, Pertamina sudah merilis soal setoran pajak dan dividen kepada negara yang mencapai Rp 120,8 triliun. Diklaim sebagai setoran terbesar. Tapi kok, BUMN migas ini belum merilis laporan keuangan mereka?

Padahal, rata-rata BUMN sudah sampai merilis laporan kinerja keuangan mereka, bukan cuma untuk kinerja 2018 tapi bahkan kinerja kuartal pertama 2019.

Laporan kinerja keuangan PT Pertamina (Persero) sebelumnya dipastikan akan diumumkan paling lambat pada akhir Februari 2019 lalu, tapi sudah masuk April belum juga dirilis. 


Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengemukakan, bahwa laporan keuangan perseroan saat ini masih dalam tahap audit.

"Laporan keseluruhan nanti akan kami sampaikan apabila memang sudah selesai," kata Fajriah melalui pesan singkatnya kepada CNBC Indonesia, Minggu (28/4/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung perihal laba Pertamina yang disebut mencapai Rp 20 triliun. Angka tersebut meroket dibandingkan capaian hingga kuartal III-2018, yaitu Rp 5 triliun. 

Data tersebut diketahui dari paparan Kementerian BUMN saat menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu lalu.

Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansury mengungkapkan laba perseroan pada tahun buku 2018 akan berada di atas Rp 5 triliun. "Pasti, mudah-mudahan (di atas Rp 5 triliun)," kata Pahala ditemui terpisah. 

Laba bersih perseroan di 2017 memang turun dari US$ 3,15 miliar di 2016 menjadi US$ 2,4 miliar atau Rp 36,4 triliun (kurs Rp 13.500). Penurunan disebabkan belum ada kebijakan penyesuaian harga premium dan solar. 

Untuk 2018, Fajriah pun meminta publik untuk bersabar menunggu hasil audit laporan keuangan perusahaan migas nasional tersebut. Pertamina berjanji, akan segera mengumumkan jika hasil audit rampung."Nanti akan kami sampaikan ke publik kalau memang sudah selesai," kata Fajriah.

Saksikan pembahasan soal proyeksi laba Pertamina di 2018 di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2IQ5g8i

April 29, 2019 at 01:33AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sudah Setor Dividen, Kapan Pertamina Rilis Laporan Keuangan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.