Search

Tagih Komitmen Smelter, Jonan Sambangi Bos Freeport ke AS

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bertolak ke Amerika Serikat sejak pekan lalu untuk menyambangi bos Freeport McMoran. Salah satu agenda kunjungannya adalah menagih komitmen pembangunan smelter PT Freeport Indonesia sesuai dengan kesepakatan divestasi di 2018 lalu. 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menjelaskan, kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk mendorong dan memastikan 2 hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI, yaitu tata kelola lingkungan yang sesuai dengan roadmap yang telah ditetapkan.


"Yang kedua, terkait penyelesaian fasilitas pemurnian (smelter) di Indonesia dalam waktu 5 tahun setelah IUPK OP diterbitkan," ujar Agung melalui keterangan resminya, Senin (20/5/2019).

Selain itu, lanjut Agung, Jonan juga berkesempatan untuk mengunjungi salah satu fasilitas operasi tambang tembaga milik Feeeport-McMorran di Morenci, Arizona. 

Kunjungan ke Morenci, tambahnya, dilakukan untuk melihat standar serta kelayakan fasilitas operasi tambang Freeport McMoRan yang akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia (world class mining company).

Adapun, Jonan tidak datang sendirian. Kunjungan ke Freeport ditemani oleh rombongan, salah satunya tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Sebagaimana diketahui, PT Freeport Indonesia saat ini merupakan pemegang IUPK Operasi Produksi yang mayoritas sahamnya telah dimiliki Indonesia melalui PT Inalum (Persero).

Tagih Komitmen Smelter, Jonan Sambangi Bos Freeport ke AS Foto: Infografis/ infografis : Di balik megahnya tambang Freeport / Aristya Rahadian Krisabella

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2EiHAW4

May 20, 2019 at 06:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tagih Komitmen Smelter, Jonan Sambangi Bos Freeport ke AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.