Search

Perhatian! Ini 3 Titik Rawan Kemacetan di Tol Trans Jawa

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjelang arus mudik Lebaran 2019, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mewaspadai sejumlah titik rawan kemacetan di Jalan Tol Trans-Jawa. Terdapat tiga titik kemacetan yang diwaspadai, yaitu Cikampek Utama, pintu tol Kalikangkung, dan ruas tol Kartosuro-Solo.

"Di ketiga tempat tersebut, kemarin kita cek sudah mulai dipasang gardu tambahan untuk bisa mengakomodasi lonjakan volume kendaraan yang tinggi," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (28/5/2019) malam.


Dengan penambahan gardu tol, proses transaksi diharapkan bisa lebih cepat, yakni 3-4 detik per kendaraan. Selain pemasangan gardu tambahan, BPJT juga akan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 15% pada 27-29 Mei dan 10-12 Juni, serta memberlakukan manajemen lalu lintas selama puncak arus mudik dan balik dengan sistem satu arah dan contra flow.

"Jadi tiga hal tersebut secara strategi kita terapkan bersama dengan Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat, dan Ditjen Bina Marga untuk mengatur proses mudik ini untuk benar-benar aman dan lancar," katanya.

Selain titik kemacetan, pemerintah juga mengantisipasi saldo kurang e-toll para pemudik dengan menyediakan gardu tol khusus pembayaran tunai dan gardu top-up e-toll.

Foto: GT Cikampek Utama 1 (dok. Jasa Marga)

"Kita sediakan tempat top-up e-toll di Cikarang Utama. Jadi kita pastikan mereka yang melintas Trans-Jawa ada tempat-tempat untuk top-up kartu," imbuhnya.

Tak hanya di gardu khusus, para pemudik juga bisa melakukan pengisian e-toll dengan menggunakan smartphone yang berfitur near field communication (NFC). Para pemudik bisa mengisi e-toll lewat aplikasi mobile banking bank penerbit atau lewat aplikasi e-commerce. Pemudik juga bisa mengecek saldo e-toll lewat smartphone mereka.

Foto: Infografis/Daftar Rest Area Pemudik Tol Trans Jawa/Edward Ricardo

Adapun Kementerian PUPR telah menyiapkan 85 rest area di sepanjang ruas Tol Trans-Jawa yang terletak setiap 20 kilometer. Sementara untuk Tol Trans-Sumatra terdapat 15 rest area di Medan, 7 rest area di Bakauheni-Terbanggi Besar, dan tujuh rest area Pematang Panggang - Kayu Agung.

"Rest area tersebut dilengkapi dengan toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, musholla, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik dan taman. Untuk Tol Trans-Jawa rata-rata setiap 20 kilometer ada rest area. Aturannya kan setiap 20-50 kilometer," jelasnya.

Selain rest area, Kementerian PUPR juga menyediakan posko mudik dan call center untuk para pemudik yang menggunakan jalan nasional. Terdapat 584 posko mudik yang tersebar di seluruh jalan nasional di Indonesia.

"Bila terjadi sesuatu di jalan nasional, seperti menemukan banjir, longsor, atau jalan berlubang silakan hubungi call center kami di 0812-8383-5757," pungkasnya.

Simak video terkait diskon tol 15% di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2WaWwR5

May 29, 2019 at 11:03AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatian! Ini 3 Titik Rawan Kemacetan di Tol Trans Jawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.