Search

Duh, IHSG Was-was Dilingkupi Katalis Negatif Hari Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin ini (20/5/2019) masih akan dilingkupi oleh sentimen negatif, terutama dari sisi global. Negosiasi tarif dagang AS dan China yang masih belum jelas hasil akhirnya menjadi katalis negatif bagi IHISG.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan pertarungan China dengan AS kini memasuki babak baru. China tampak berkurang minatnya untuk melanjutkan pembicaraan kesepakatan dengan AS.

Menurut pemerintah China, tanpa adanya ketulusan dari pihak AS untuk mengadakan pembicaraan, maka tidak artinya pejabat AS datang ke China untuk melanjutkan diskusi mengenai kesepakatan. Oleh karena itu mau tidak mau, maka diskusi selanjutnya diserahkan kepada Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump pada pertemuan G20 di Osaka, Jepang.


Sekuritas ini menilai China tampaknya mulai bersikap tegas terhadap kesepakatan dengan Amerika, serta tidak terburu-buru untuk membuat kesepakatan sampai semuanya setara dan seimbang bagi kedua negara.

Dari dalam negeri, tensi politik dan stabilitas ekonomi menjadi perhatian utama. Oleh sebab itu, pekan ini akan menjadi pekan yang krusial bagi pasar modal, sekaligus akan menjadi titik balik setelah pengumuman pemenang Pemilihan Presiden 2019 pada 22 Mei mendatang dan pemenangnya akan disahkan pada 26 Mei.

Apabila dalam kurun waktu tersebut tidak ada gugatan terhadap pengumuman pemenang tersebut dan situasi serta kondisi berjalan dengan baik, seharusnya pekan depan akan menjadi momen penguatan pasar modal.

Panin Sekuritas menyebutkan pekan ini pasar menanti pengumuman real count dari KPU dan mengantisipasi pergerakan IHSG.

Penurunan IHSG diperkirakan akan sedikit tertahan, hal ini mempertimbangkan investor asing yang sudah mencatatkan net sell cukup besar bahkan melebihi net buy yang tercatat sejak awal tahun 2019.

Hari ini indeks berpotensi akan bergerak mixed di kisaran level tahanan bawah (support) 5.800 poin dan resisten (tahanan atas) di 6.000.

(tas)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VOZxGx

May 20, 2019 at 03:30PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh, IHSG Was-was Dilingkupi Katalis Negatif Hari Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.