Search

Disebut Calon Ibu Kota Baru, Ini Penampakan Bukit Soeharto

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, Selasa (7/5/2019). Di Kaltim, Jokowi berkunjung ke Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Informasi awal Presiden Joko Widodo akan ke Bukit Soeharto untuk melihat kemungkinan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur," kata Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Riawati di Samarinda seperti dikutip laman resmi Pemprov Kaltim.

Titik peninjauan berada di Kilometer 35 + 800 meter, tepatnya di Seksi 2 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Rombongan akan masuk melalui Kilometer 48 Jalan Soekarno Hatta.

Disebut Calon Ibu Kota Baru, Ini Penampakan Bukit Soeharto Foto: Bukit Soeharto Balikpapan (Youtube/ Iwan Dimas)

"Bisa dibilang rencana presiden ini sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Pertama, melihat potensi pemindahan ibu kota negara ke Bukit Soeharto dan sekaligus meninjau progres jalan tol Balikpapan-Samarinda. Karena jalan tol juga melintasi kawasan Bukit Soeharto," jelas Riawati.

Disebut Calon Ibu Kota Baru, Ini Penampakan Bukit Soeharto Bukit Soeharto Balikpapan (Doc: Youtube/ Iwan Dimas)

Kunjungan ke Kaltim ini merupakan tindak lanjut dari pernyataan Jokowi dalam acara buka puasa bersama dengan pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Hal itu lantas ditegaskan lagi melalui akun Twitter pribadinya seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (7/5/2019). Pilihan akan diputuskan setelah melakukan konsultasi dengan pemangku terkait.

"Yang dipilih kita putuskan setelah konsultasi dengan lembaga terkait," tulis Jokowi.

Jokowi mengutarakan ada tiga daerah yang sudah menyediakan lahan untuk Ibu Kota. Pertama lahan dengan luas 80.000 hektare, 120.000 hektare, hingga 300.000 hektare.

Disebut Calon Ibu Kota Baru, Ini Penampakan Bukit Soeharto Foto: Bukit Soeharto Balikpapan (Arief Rahman Saan (Ezagren) via Wikipedia)

Namun sayangnya, Jokowi tak menyebut secara spesifik keberadaan lahan-lahan yang dimaksud. Satu hal yang jelas, pemerintah betul-betul serius untuk memindahkan ibu kota ke luar Jakarta.

Disebut Calon Ibu Kota Baru, Ini Penampakan Bukit Soeharto Foto: Bukit Soeharto Balikpapan (Youtube/ Iwan Dimas)

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2vFFvyU

May 07, 2019 at 09:07PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disebut Calon Ibu Kota Baru, Ini Penampakan Bukit Soeharto"

Post a Comment

Powered by Blogger.