Search

Pertumbuhan Ekonomi di Bawah Ekspektasi, IHSG Makin Anjlok!

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memperlebar kekalahannya pasca Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi periode kuartal-I 2019.

Sepanjang 3 bulan pertama tahun ini, perekonomian Indonesia tercatat hanya tumbuh 5,07% secara tahunan (year-on-year/YoY), jauh lebih rendah dibandingkan capaian kuartal-IV 2018 yang sebesar 5,18% YoY, walaupun sedikit lebih tinggi dibandingkan capaian kuartal-I 2018 yang sebesar 5,06% YoY.


Namun tetap saja, pertumbuhan ekonomi periode kuartal-I 2019 jauh lebih rendah dibandingkan konsensus yang dihimpun CNBC Indonesia sebesar 5,19% YoY.

Sebelum BPS merilis angka pertumbuhan ekonomi, IHSG ditransaksikan melemah 1% ke level 6.256,09. Kini, pelemahan IHSG sudah menjadi bertambah dalam yakni sebesar 1,09% ke level 6.250,34.

Sebelumnya, gelaran pemilihan umum pada bulan April diproyeksikan akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Namun, hal ini ternyata tak terjadi.

"Proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal-I 2019 kami berada di level 5,16%, utamanya karena lemahnya pertumbuhan investasi berhasil diminimalisir oleh kencangnya pertumbuhan konsumsi, seiring dengan belanja terkait pemilihan umum," papar Ekonom Bahana Sekuritas Putera Satria Sambijantoro dalam email yang diterima CNBC Indonesia.


Senada dengan Satria, hal serupa juga diungkapkan oleh Ekonom Moody's Analytics Katrina Ell.

"Konsumsi rumah tangga telah diuntungkan oleh stabil-nya harga energi dan perputaran uang yang lebih tinggi menjelang pemilihan umum pada bulan April," papar Katrina dalam email yang diterima CNBC Indonesia.

Laju pertumbuhan ekonomi yang kurang oke, apalagi jika berlanjut ke kuartal-II yang seharusnya menjadi puncak konsumsi masyarakat lantaran ada kehadiran bulan Ramadan, tentu akan menekan kinerja keuangan dari perusahaan-perusahaan yang melantai di tanah air.

Akibatnya, aksi jual dengan intensitas yang lebih besar dilakukan investor di pasar saham Indonesia.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2IZL8kl

May 06, 2019 at 06:23PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertumbuhan Ekonomi di Bawah Ekspektasi, IHSG Makin Anjlok!"

Post a Comment

Powered by Blogger.