Search

Ada Fitur Chat, Pengguna Gojek Bisa Mengobrol Satu Sama Lain

Jakarta, CNBC Indonesia - Perlombaan untuk merebut mahkota "super app" di Asia Tenggara seringkali disebut sebagai kompetisi siapa yang bisa menjadi paling mirip dengan aplikasi super app China, WeChat.

Lalu apa itu super app? Super app adalah sebutan untuk aplikasi yang menyediakan berbagai layanan dalam satu platform. Di Asia Tenggara, Grab Holdings dan Gojek mengklaim dirinya sudah menjadi super app.

Selama ini, Gojek dan Grab belum benar-benar bisa dibandingkan dengan WeChat. Namun fitur baru Gojek mengubah hal tersebut.


Gojek dan Grab telah dikenal dengan fitur berbagi tumpangan, pengiriman makanan, dan dompet digital, tetapi tidak ada aplikasi yang memiliki fitur sosial seperti WeChat yang merupakan 'Ibu dari super app' China itu.

Gojek sekarang menawarkan fitur obrolan kepada pengguna yang datang untuk memesan transportasi dan makanan.


Fitur obrolan ditampilkan di bagian bawah beranda aplikasi Gojek. Di fitur itu pengguna dapat mengobrol satu lawan satu, atau membuat grup hingga 100 orang di dalamnya.

Fitur chat ini terintegrasi dengan dompet ponsel Gojek, Go-Pay yang mengizinkan pengguna untuk membagi tagihan, dan mentransfer atau meminta saldo Go-Pay. Mengirim saldo sudah dimungkinkan sebelumnya, tetapi tanpa opsi untuk mengobrol dengan penerima atau pengirim.

Fitur obrolan ini baru saja diluncurkan, jadi masih terlalu dini untuk berspekulasi tentang penerapannya. Pengguna Indonesia sudah melakukan seluruh kebutuhan pengiriman pesan harian mereka melalui WhatsApp, Facebook Messenger, dan Line.

Aplikasi olah pesan sangat dominan di Indonesia, terbukti dari kesuksesan BBM yang dulu pernah menjadi sangat populer.

Ada Fitur Chat, Pengguna Gojek Bisa Mengobrol Satu Sama LainFoto: Aplikasi Chat Gojek. (CNBC indonesia/Tias Budiarto)

Gojek Chat dapat menjadi fitur yang berguna dalam melengkapi ekosistem super app Gojek. Selain pemisahan tagihan, ini mungkin berguna untuk berbagi rekomendasi makanan, meskipun tampaknya belum dioptimalkan untuk itu. Pengiriman makanan adalah salah satu pilar utama Gojek.

Obrolan adalah tambahan utama terbaru untuk Gojek, yang telah sibuk meluncurkan satu kategori baru setelah yang lain. Perusahaan baru saja memperkenalkan fitur belanja online yang disebut Go-Mall dalam kemitraan dengan platform e-commerce JD.id.

Gojek juga memperkaya konten yang ditawarkannya di Go-News melalui kolaborasi dengan outlet media lokal Kumparan, dan Go-Komik yang memungkinkan pengguna untuk membaca komik dari pembuat komik lokal.

Saksikan video OVO versus Go-Pay berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2vDuMoC

May 06, 2019 at 09:25PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Fitur Chat, Pengguna Gojek Bisa Mengobrol Satu Sama Lain"

Post a Comment

Powered by Blogger.