Search

Solusi Tuntaskan Banjir Jakarta a La Anies: Buat Waduk!

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki solusi riil terkait pencegahan banjir di Jakarta. Hal itu disampaikan Anies ketika menyambangi Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

"Mau tidak mau harus membuat waduk karena bicaranya tentang volume air yang besar sekali. Jadi tidak cukup kalau kita hanya menangani di sini. Apapun yang kita tangani di sini kalau volume airnya besar sekali dari sana, datangnya bersamaan akan selalu menimbulkan limpahan air," ujarnya dikutip dari detik.com.


Menurut dia, membereskan penyebab banjir di Jakarta, akan percuma. Sebab, wilayah Jakarta pun memiliki tantangan karena berhadapan dengan permukaan laut yang lebih tinggi dari pada permukaan air sungai.

"Justru yang harus dibereskan adalah bagaimana airnya bisa ditahan di hulu dan antara hulu dan Jakarta sehingga volume air yang masuk di Jakarta terkendali. Saat ini sedang dibangun dua waduk di Kabupaten Bogor dan dua waduk ini, kalau selesai insyaallah bulan Desember ini selesai maka dia akan membantu menahan," ujar Anies.

"Jadi dua bendungan itu menurunkan 30 persen dan dua itu saja sudah signifikan. Jadi mungkin akan diperlukan tiga atau empat kalinya," lanjut mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Banjir kembali melanda ibu kota Jakarta, Jumat (26/4/2019). Hal itu tak lepas dari hujan yang melanda ibu kota pada Kamis (25/4/2019) disertai kiriman air dari hulu.

Pada Jumat (26/4/2019), banjir tampak menggenangi sejumlah wilayah. Salah satunya adalah Condet, Jakarta Timur. Ketinggian mencapai empat meter di permukiman warga di bantaran sungai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan sejumlah warga harus dievakuasi. Misalnya di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Evakuasi dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, BPBD DKI Jakarta, PPSU, dan Tramtib DKI Jakarta.

Banjir itu juga berdampak kepada lalu lintas ibu kota. Sekitar pukul 14.04 WIB, TMC Polda Metro Jaya melaporkan lalu lintas arah Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, ditutup sementara. Hal itu merupakan imbas dari banjir dengan kedalaman sekitar 50 cm.

Solusi Tuntaskan Banjir Jakarta A la Anies: Buat Waduk!Foto: Banjir di Kelurahan Kampung Melayu, Jumat (26/4/2019). (detikFoto/Rifkianto Nugroho)

(miq/gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2UZsxew

April 27, 2019 at 02:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Solusi Tuntaskan Banjir Jakarta a La Anies: Buat Waduk!"

Post a Comment

Powered by Blogger.