Search

Mau Mudik Lebaran, Bagaimana Kondisi Jalur Pantura?

Jakarta, CNBC Indonesia - Libur Lebaran 1440H/2019M sudah hampir tiba. Agar arus mudik dan balik di jalur darat bisa dilalui dengan nyaman dan aman, pemerintah memastikan jalan tol sudah mantap untuk dilalui kala Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaporkan kesiapan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Ia menyampaikan, untuk jalan tol dan jalan nasional sudah dalam kondisi siap untuk dilalui saat arus mudik dan balik Lebaran. Basuki mencontohkan, Tol Trans Jawa sepanjang 1.000 yang menghubungkan Merak-Probolinggo sudah siap.


Menurut dia, akan ada diskon pada sejumlah tarif tol pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Namun, mekanismenya masih akan dikoordinasikan dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Mau Mudik Lebaran, Bagaimana Kondisi Jalur Pantura? Foto: Infografis/Daftar Rest Area Pemudik Tol Trans Jawa/Edward Ricardo

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan, untuk jalan nasional Cikampek-Semarang juga sudah lebih baik kondisinya. Lintas utara sepanjang 1.341 km kondisinya mantap, sedangkan lintas selatan Jawa 888 km kondisi mantap 98%.

"Kemudian jalur Pansela (Pantai Selatan Jawa) dari jalan nasional sepanjang 1.267 km juga kondisinya mantap. Secara keseluruhan, untuk kondisi jalan nasional yang mayoritas akan dilalui pemudik dengan kendaraan roda dua, kondisi jalannya baik," imbuh Basuki.


Sementara itu, untuk jalan tol di Sumatra, dari sepanjang 503 km, sudah ada 281 km yang dioperasionalkan. Sedangkan 222 km masih fungsional seperti Tol Terbangi Besar-Kayu Agung-Palembang.

Secara keseluruhan, tambah Basuki, persiapan jalur darat untuk dilalui para pemudik sudah siap, dan proyek pengerjaan seperti di jalur Cikampek akan dihentikan H-10.


"Jadi di Cikampek akan bersih H-10, itu akan jadi empat lajur penuh dan bersih, kalau masih kurang Korlantas akan lakukan buka dua jalur untuk contra flow," pungkasnya.

Simak video terkait kesiapan Jalan Tol Trans Jawa di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2wh6ktn

May 21, 2019 at 10:07PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Mudik Lebaran, Bagaimana Kondisi Jalur Pantura?"

Post a Comment

Powered by Blogger.