Search

Saka Energi Segera Selesaikan Pengeboran Blok Pangkah

Jakarta, CNBC IndonesiaSaka Energi Indonesia memastikan eksplorasi sumur Tambakboyo-3 akan segera diselesaikan. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, menuturkan setelah eksplorasi selesai, potensi cadangannya akan segera diketahui.

"Tambak Boyo lagi melakukan drilling eksplorasi. Potensinya ada, tapi berapa besar itu ketahuan setelah sumurnya dibersihkan seperti sekarang. Tadi flarenya kelihatan kan, dibersihkan dulu, lalu baru ketahuan berapa potensinya," ujar Arcandra saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Lebih lanjut, Arcandra mengidentifikasi ada empat tantangan utama dalam pengembangan lapangan offshore. Tantangan pertama, kata Arcandra, tentu mencari dulu lapangan-lapangan offshore yang punya potensi untuk dikembangkan. Yang kedua adanya risiko yang besar di offshore.


"Terkadang KKKS kurang berani untuk melakukan eksplorasi di daerah baru. Ketiga adalah ketersediaan rig di Indonesia yang terbatas, dan yang terakhir besarnya investasi yang harus dikeluarkan," ujar Arcandra.

Untuk mendorong pengembangan migas offshore Indonesia Arcandra akan mempercepat perizinan dan proses administrasi. "Kami berharap KKKS fokus melakukan pencarian migas. Sementara kegiatan yang berhubungan dengan administrasi, baik di SKK Migas maupun di Kementerian ESDM atau instansi lain, itu yang kita percepat dan dipermudah," tambah Arcandra.

Selanjutnya Arcandra juga memberikan expert judgement kisaran harga minyak yang masih ekonomis untuk pengembangan lapangan offshore Indonesia. Tergantung apakah lapangan tersebut remote atau tidak. Kemudian tergantung kedalaman lapangan yang dieksplorasi.

"Estimasi saya, meskipun ini debatable, sekitar US$ 50-60 per barel itu masih oke (untuk pengembangan migas offshore), tentunya harga di atas itu lebih baik lagi," ungkapnya.

Adapun, Direktur Utama Saka Energi Indonesia, Tumbur Parlindungan, menjelaskan eksplorasi sumur Tambakboyo-3 yang merupakan lanjutan dari sumur sebelumnya yang berhasil menemukan potensi cadangan minyak.

"Ternyata kami temukan cadangan minyak lagi di sini, tapi kita mesti lakukan paling tidak dua sumur bor lagi untuk menentukan berapa cadangan minyak Tambakboyo yang ada di Blok Pangkah ini," ungkapnya.

Hasil tes (Drill Stem Test/DST) terhadap sumur Tambakboyo-3 telah mengindikasikan adanya temuan minyak. "Ini sudah DST yang ke 6, dan hasilnya minyak. Kita juga lihat dari hasil log dan cutting, indikasinya hasilnya minyak. Dari tes sebelumnya juga hasilnya minyak. Nanti pada saatnya akan kita keluarkan angka perkiraan cadangannya," tambahnya.

Investasi sumur Tambakboyo-3 hingga saat ini mencapai sekitar US$ 20 juta. Sumur Tambakboyo sebelumnya sekitar US$ 15 juta dolar.

"Kami melakukan dua pengembangan lapangan yaitu Sidayu dan West Pangkah sudah sekitar US$ 200 juta sedang dalam proses pengembangan. Mudah-mudahan tahun depan produksi minyak dan gas," katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa Blok Pangkah dioperatori sepenuhnya atau 100% oleh Saka Energi Indonesia. Perusahaan pun terbuka untuk mencari rekanan untuk mengembangkan migas di Indonesia. (wed/wed)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2P2mrnn

April 12, 2019 at 03:01AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saka Energi Segera Selesaikan Pengeboran Blok Pangkah"

Post a Comment

Powered by Blogger.