Search

Bantah Kritik, China Sebut One Belt dan Road Untungkan Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia- Dihujani kritikan bahwa inisiatif one belt and road yang digagas China lebih banyak membawa mudarat ketimbang manfaat, Presiden Xi Jin Ping menegaskan bahwa inisiatif ini justru bisa untungkan dunia.

Di tengah gelaran forum pertemuan kedua one belt one road initiative, Xi menyoroti beberapa manfaat dari proyek ini.
"Semua negara yang tertarik dipersilakan untuk bergabung dengan kami," kata Xi. Dilansir dari cnbc internasional, Minggu (28/04/2019).


"Sementara Belt and Road Initiative diluncurkan oleh China, peluang dan hasilnya dapat dibagikan oleh dunia," katanya, berbicara kepada wartawan di akhir forum.

Diluncurkan pada 2013, Belt and Road Initiative secara luas dipandang sebagai upaya China untuk meningkatkan pengaruh globalnya, terutama melalui pembiayaan dan pembangunan jalur kereta api, laut, dan transportasi lainnya yang berjalan dari Asia ke Eropa dan juga Afrika.

Para kritikus mengatakan, bahwa melalui proyek infrastruktur besar-besaran ini, China memaksa negara-negara berkembang untuk menanggung beban utang yang tinggi sambil menguntungkan perusahaan-perusahaan China yang sering kali dimiliki oleh negara itu.

Xi mengatakan bahwa para peserta di Belt and Road sepakat untuk mengejar pengembangan kualitas tinggi. Selain bidang koneksi ekonomi yang lebih tradisional, ia mengatakan program itu akan mendorong pengembangan infrastruktur digital.

Ia mencatat bahwa yang berpartisipasi dalam acara perusahaan yang diadakan sebagai bagian dari forum mencapai lebih dari US $ 64 miliar (Rp 907 triliun) dalam perjanjian.  Dia menambahkan bahwa sebelum forum, dan bahkan selama itu, negara-negara mencapai "283 hasil" termasuk perjanjian kerjasama antar pemerintah dan "proyek kerja sama praktis."

"Sebagai tuan rumah forum, China akan merilis daftar kiriman," kata Xi, tanpa merinci, dalam sambutannya yang berlangsung kurang dari 15 menit.

Liu He, penasihat ekonomi utama Xi yang memimpin pembicaraan perdagangan dengan AS, dan Wakil Presiden Wang Qishan, termasuk di antara para pemimpin China yang menghadiri konferensi pers itu.

AS dan India adalah di antara negara-negara yang tidak mengirim perwakilan resmi ke forum tahun ini, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin hadir.

Pada pembukaan forum tahun ini, Xi menghabiskan banyak sambutannya dengan fokus pada rencana domestik China untuk reformasi ekonomi. Dia secara khusus menyebutkan tujuan menegakkan hak kekayaan intelektual, menghentikan transfer teknologi sewenang-wenang dan menerapkan kebijakan "membuka", semua titik pertikaian dalam perselisihan yang sedang berlangsung dengan AS, mitra dagang terbesar China.

Xi juga menyebutkan perlunya mengejar standar tinggi dalam kerja sama dan mencatat "Debt Sustainability Framework" untuk negara-negara yang berpartisipasi dalam Belt and Road Initiative, yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan awal minggu ini. (gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2DFGR0Z

April 29, 2019 at 12:25AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bantah Kritik, China Sebut One Belt dan Road Untungkan Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.