Search

Banjir Buat Ribuan Warga DKI Mengungsi, Adakah Dana Bantuan?

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pemerintah menyiapkan adanya dana untuk mitigasi risiko bencana yang dialokasikan pada sejumlah kementerian/lembaga.

Kementerian/lembaga (K/L) tersebut yakni:

- BMKG untuk pemantauan dan peringatan dini potensi bencana alam,
- BNPB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan untuk penyiapan stok logistik makanan, obat, sumber daya manusia dan lain sebagainya,
- TNI, Polri, Basarnas, untuk pengerahan cepat sumber daya/pasukan.


Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti menjelaskan, dalam anggaran tersebut juga disiapkan dana tanggap darurat (on call) yang siap dipakai saat terjadi bencana alam seperti longsor, gempa bumi, tsunami, kebakaran lahan/hutan, dan tentu juga banjir.

"Mekanisme pemrosesan dananya dilakukan sesuai ketentuan yang dikoordinasi oleh BNPB berdasarkan usulan-usulan dari pemerintah daerah yang mengalami bencana," ujar Nufransa saat dihubungi CNBC Indonesia, Sabtu (27/4/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, nantinya oleh BNPB akan dikonsolidasi dan dinilai, lalu diusulkan ke Kementerian Keuangan selaku pengelola Bendahara Umum Negara (BUN). Setelah diproses/disetujui, dana tanggap darurat akan disalurkan ke BNPB atau K/L lain yang bersangkutan sesuai tugas fungsinya.

"Setelah masa tanggap darurat selesai, masuk ke tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, dialokasikan dana ke K/L sesuai tugas dan fungsinya, dan dana Hibah Rehab Rekon ke pemerintah daerah yang bersangkutan," tambahnya.

"Mekanismenya sama seperti penyaluran dananya, diusulkan masing-masing pemda, dikonsolidasi dan dinilai oleh BNPB, kemudian diusulkan ke Kemenkeu selaku pengelola BUN," pungkas Nufransa.

Adapun, seperti diketahui, Kementerian Keuangan memastikan pemerintah menyediakan anggaran mitigasi dan penanggulangan bencana alam sebesar Rp 15 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Nilai tersebut meningkat dari realisasi sementara dana bencana 2018 yang sebesar Rp 7 triliun.

Banjir Buat Ribuan Warga DKI Mengungsi, Adakah Dana Bantuan?Foto: Banjir di Kawasan Rawajati Kalibata, Jumat (26/4/2019). (detikFoto/Rengga Sancaya)
(dru/dru)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2PuVb19

April 27, 2019 at 11:30PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banjir Buat Ribuan Warga DKI Mengungsi, Adakah Dana Bantuan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.