Search

Gawat! Nanti Malam, Dow Jones Berpotensi Anjlok 504 Poin

Jakarta, CNBC Indonesia - Awan gelap ternyata sudah datang menghampiri bursa Wall Street di Amerika Serikat (AS) pada Senin ini (6/5/2019) kendati akhir pekan lalu menutup perdagangan dengan penguatan signifikan.

Pada Jumat pekan lalu (3/5/2019), indeks Dow Jones dan S&P 500 menguat masing-masing sebesar 0,75% dan 0,96%, sementara indeks Nasdaq Composite juga melejit 1,58%.

Awan gelap di Wall Street mulai tampak dari sesi sebelum perdagangan dibuka atau premarket. Data menunjukkan, kontrak futures Dow Jones mengimplikasikan penurunan hingga 504 poin pada saat pembukaan perdagangan nanti malam waktu Indonesia, sementara S&P 500 dan Nasdaq Composite diimplikasikan melemah masing-masing sebesar 56 dan 167 poin.


Hal seperti ini jarang terjadi. Biasanya, kontrak futures dari tiga indeks saham utama di AS tersebut hanya menunjukkan pergerakan dalam rentang yang tipis hingga sore hari waktu Indonesia. Ini karena pelaku pasar di AS, sesuai zona waktu, sedang terlelap dalam tidurnya.

Hingga berita ini diturunkan Senin siang ini, waktu di New York adalah sekitar pukul 12 malam.

Bara perang dagang AS-China yang kembali memanas membuat investor bursa saham Negeri Paman Sam tak memiliki pilihan lain selain melego saham-saham di sana.


Sekadar mengingatkan, pada Selasa (30/4/2019) delegasi AS menggelar dialog dagang lanjutan dengan China di Beijing. Delegasi AS dipimpin oleh Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, sementara delegasi China dikomandoi oleh Wakil Perdana Menteri Liu He.

Selepas pertemuan berlangsung, beberapa orang sumber mengatakan kepada CNBC International bahwa kesepakatan dagang AS-China bisa diumumkan pada hari Jumat pekan ini (10/5/2019).

Namun, kini optimisme itu sirna dan situasinya justru berbalik 180 derajat. Presiden AS Donald Trump nyatanya memutuskan untuk menaikkan bea masuk atas importasi produk-produk asal China senilai US$ 200 miliar.

"Selama 10 bulan terakhir, China membayar bea masuk 25% untuk importasi produk-produk high-tech senilai US$ 50 miliar dan 10% untuk produk-produk lain senilai US$ 200 miliar. Pembayaran ini sedikit banyak berperan dalam data-data ekonomi kita yang bagus. Jadi yang 10% akan naik menjadi 25% pada Jumat," cuit Trump melalui akun Twitter-nya, @realDonaldTrump.

Gawat! Nanti Malam, Dow Jones Akan Dibuka Anjlok 504 PoinFoto: Donald Trump Twitter 1 China

"Sementara US$ 325 miliar importasi produk-produk China belum kena bea masuk, tetapi dalam waktu dekat akan dikenakan 25%. Bea masuk ini berdampak kecil terhadap harga produk. Dialog dagang tetap berlanjut, tetapi terlalu lamban, karena mereka berupaya melakukan renegosiasi. Tidak!" cuit Trump lagi.

Merespons ancaman Trump tersebut, China disebut mempertimbangkan untuk membatalkan dialog dagang dengan AS pada pekan ini di Washington, seperti dilaporkan oleh Wall Street Journal dan dikutipCNBC Internatonal.

Mengutip seorang sumber, Wall Street Journal melaporkan bahwa China disebut terkejut dengan ancaman Trump.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ank/tas)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2V5SELO

May 06, 2019 at 06:32PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gawat! Nanti Malam, Dow Jones Berpotensi Anjlok 504 Poin"

Post a Comment

Powered by Blogger.