Search

Indeks Dolar AS Menguat, Harga Emas Jeblok

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga spot emas dunia jeblok di awal perdagangan sesi Amerika Serikat (AS) Kamis (11/4/19) akibat indeks dolar AS yang melesat menguat. Harga emas spot berdenominasi dolar AS, jika mata uang negeri Paman Sam ini menguat maka emas akan tertekan.

Melansir data dari Refinitiv, pada pukul 20:49 WIB harga emas di pasar spot berada di kisaran US$ 1.298,88 per troy ons atau melemah sekitar 0,64%, bahkan sebelumnya sempat turun ke kisaran US$ 1.294 per troy ons.

Rilis data klaim tunjangan pengangguran AS yang terkait dengan pasar tenaga kerja serta rilis data inflasi sektor produsen yang apik membuat indeks dolar melesat naik. Data tenaga kerja serta data inflasi merupakan indikator bagi Federal Reserve/The Fed AS untuk menaikkan suku bunga.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan jumlah klaim tunjangan pengangguran bertambah sebanyak 196.000 dalam sepekan yang berakhir 6 April. Jumlah klaim di pekan lalu tersebut merupakan yang terendah dalam 49 tahun terakhir, tepatnya sejak Oktober 1969.

Sementara untuk data inflasi di sektor produsen atau indeks harga produsen dilaporkan naik sebesar 0,6% di bulan Maret dari bulan sebelumnya yang naik 0,1%. Mengutip data dari Forex Factory kenaikan tersebut jauh lebih tinggi dari prediksi sebesar 0,3%, dan menjadi yang tertinggi dalam lima bulan terakhir.

Rilis data ini meredakan kecemasan pelaku pasar akan tekanan inflasi yang semakin lemah di AS. Tingginya inflasi di sektor produsen ke depannya akan berdampak pada peningkatan indeks harga konsumen (IHK).

Dua data tersebut sedikit memperbesar peluang The Fed menaikkan suku bunga di tahun ini, dalam risalah rapat kebijakan moneter yang dirilis dini hari tadi, Bank Sentral AS tersebut membuka peluang kenaikan suku bunga di akhir tahun ini, dengan syarat kondisi ekonomi semakin membaik.

Kenaikan suku bunga juga berdampak negatif bagi harga emas. Semakin tinggi suku bunga di AS, emas menjadi tidak menarik karena merupakan aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Penurunan harga emas hari ini bahkan menghapus penguatan dalam dua hari sebelumnya, dan bisa jadi berdampak pada harga emas antam di Indonesia. Salah satu acuan untuk menentukan harga emas Antam adalah pergerakan harga emas spot.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Saksikan video Kilau Emas pada Tahun Babi Tanah

[Gambas:Video CNBC]
(pap)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Dbi9Fo

April 12, 2019 at 04:16AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indeks Dolar AS Menguat, Harga Emas Jeblok"

Post a Comment

Powered by Blogger.