Search

Data Ekonomi Impresif, Dolar AS Melesat Naik

Jakarta, CNBC Indonesia - Dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap mata uang utama jelang dibukanya perdagangan sesi pagi pada Kamis (11/4/19), pasca rilis data ekonomi yang impresif.

Indeks dolar terpantau menguat 0,14% ke level 97,08 pada pukul 19:33 WIB, hanya berselang tiga menit dari rilis data-data ekonomi AS. Dolar kini terpantau berbalik menguat terhadap euro, dan poundsterling, sementara terhadap yen mata uang Paman Sam ini telah menguat sejak pagi tadi.

Departemen Tenaga Kerja AS pada pukul 19:30 WIB melaporkan inflasi di sektor produsen atau indeks harga produsen naik sebesar 0,6% pada bulan Maret dari bulan sebelumnya yang naik 0,1%. Mengutip data Forex Factory, kenaikan tersebut jauh lebih tinggi dari prediksi sebesar 0,3%.

Inflasi produsen inti yang tidak memasukkan sektor energi dan makan, dilaporkan naik 0,3% juga lebih tinggi dari prediksi 0,2%.

Rilis data ini meredakan kecemasan pelaku pasar akan tekanan inflasi yang semakin lemah di AS. Tingginya inflasi di sektor produsen ke depannya akan berdampak pada peningkatan inflasi sektor konsumen atau indeks harga konsumen (IHK).

Tidak hanya itu, di saat yang sama juga dilaporkan jumlah klaim tunjangan pengangguran pekan lalu sebanyak 196.000, lebih rendah dari prediksi 210.000. Jumlah klaim di pekan lalu tersebut merupakan yang terendah dalam 49 tahun terakhir, tepatnya sejak Oktober 1969. 

Data tenaga kerja dan data inflasi termasuk dalam indikator yang digunakan Federal Reserve/The Fed untuk menaikkan suku bunga.

Rilis risalah rapat kebijakan moneter The Fed dini hari tadi menunjukkan Bank Sentral AS tersebut masih membuka peluang untuk menaikkan suku bunga di tahun ini, dengan syarat kondisi ekonomi terus membaik. Meski untuk saat ini, mayoritas anggota komite pembuat kebijakan (FOMC) sepakat suku bunga tidak akan dinaikkan hingga akhir tahun.

Jika data tenaga kerja dan inflasi dirilis apik secara berkelanjutan, peluang suku bunga dinaikkan satu kali di tahun ini pun akan semakin terbuka. Ini, pada akhirnya akan membuka potensi penguatan dolar AS melibas mata uang negara mitra dagangnya, termasuk rupiah.

TIM RISET CNBC INDONESIA 

(pap/pap)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2P1LbfD

April 12, 2019 at 03:24AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Data Ekonomi Impresif, Dolar AS Melesat Naik"

Post a Comment

Powered by Blogger.