Search

Winner Winner Chicken Dinner! Rupiah Lagi-lagi Juara Asia

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Lagi-lagi dinamika hubungan AS-China menjadi sentimen utama penopang penguatan rupiah.

Pada Jumat (6/12/2019), US$ 1 setara dengan Rp 14.010 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,36% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan penguatan 0,28% di hadapan dolar AS. Rupiah jadi mata uang terbaik Asia.


Sepertinya rupiah punya peluang untuk melanjutkan penguatan. Pasalnya, faktor eksternal dan domestik lumayan suportif bagi mata uang Tanah Air.

Dari dalam negeri, hari ini Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan data cadangan devisa November 2019. Trading Economics memperkirakan cadangan devisa Indonesia per akhir bulan lalu sebesar US$ 126,3 miliar, turun tipis dibandingkan Oktober yaitu US$ 126,7 miliar.

Penurunan cadangan devisa ini sepertinya masih wajar dan bisa diterima pasar. Pasalnya, cadangan devisa digunakan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah. Lagipula tampaknya BI pun tidak terlampau agresif dalam intervensi pasar, karena rupiah melemah 0,48% secara point-to-point pada November.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/34V4YEA

December 06, 2019 at 03:08PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Winner Winner Chicken Dinner! Rupiah Lagi-lagi Juara Asia"

Post a Comment

Powered by Blogger.