Search

Wah! Vietnam Punya 'Kota Rahasia' Lobster Selundupan dari RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini di salah satu video di media sosial, sesosok pria berbaju hitam, berada di atas perahu sambil bercuap-cuap. Dia adalah Effendi Gazali, yang selama ini dikenal sebagai pakar komunikasi politik.

Namun, kali ini justru sosok yang terkenal dengan program 'Republik Mimpi' di TV ini berbicara soal lobster. Ada apa gerangan?

Kepada CNBC Indonesia, ia mengatakan video itu diambil pada 25 November 2019, saat ia melakukan 'investigasi' mengenai pusat pengembangan lobster di Vietnam. Di video itu, secara samar-samar, pria yang biasa disapa Bang Pendi ini menyebut lokasi bernama 'Phan Rang'. Ini adalah pusat budidaya lobster terbesar di Vietnam, lokasinya  Thap Cham City, di Provinsi Ninh Thuan.

"Saya pecinta budidaya laut, saya tertarik dengan lobster. Saya ke mari dalam rangka sendiri aja, tak ada kepentingan apa-apa," kata Effendi.

Ia mengaku lokasi ini tak mudah bisa masuk bagi orang Indonesia. Effendi mengaku ditemani rekannya untuk bisa masuk ke lokasi hingga mewawancara pelaku pembudidaya lobster di sana.

"Phan Rang, tempat rahasia, orang Indonesia belum ada yang bisa masuk ke sana, tapi saya investigasi," katanya.

Ia mengatakan setiap hari kawasan ini membutuhkan pasokan 500 ribu lebih bibit lobster. Pasokannya berasal dari Singapura, tapi bibit lobster Singapura berasal dari Indonesia.

"Dari Indonesia ke Singapura diselundupkan, tapi yang dari Vietnam mereka mengaku beli secara legal," katanya.

Apa yang dilakukan Effendi, tak terpisahkan dari kontroversi soal rencana pencabutan larangan ekspor benih lobster di bawah 200 gram oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo. Kebijakan Edhy ini bertolak belakang dengan kebijakan pendahulunya, Susi Pudjiastuti yang sejak 2015 melarang ekspor benih lobster.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2M52xbc

December 17, 2019 at 07:00PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wah! Vietnam Punya 'Kota Rahasia' Lobster Selundupan dari RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.