Search

Trump Siap Terima "Kado Natal" dari Korea Utara, Apaan tuh?

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden AS Donald Trump mengatakan Amerika siap menghadapi "Hadiah Natal" apapun yang akan dikirim oleh Korea Utara di tengah macetnya perundingan antara kedua negara soal denuklirisasi. Bahkan Korea Utara dikabarkan sedang mempersiapkan tes rudal jarak jauh.

Sementara itu, China, sebagai negara pendukung Korea Utara yang paling penting, juga mendesak Washington untuk mengambil "langkah konkret" sesegera mungkin guna mengimplementasikan kesepakatan yang dicapai selama pertemuan puncak tahun lalu antara Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di Singapura.


Menteri Luar Negeri China Wang Yi, dalam komentar yang disampaikan di Twitter oleh kementerian luar negeri di Beijing, seperti dikutip Reuters, meminta Korea Utara dan AS menyusun "peta jalan yang layak untuk membangun rezim perdamaian permanen dan mewujudkan denuklirisasi secara lengkap di Semenanjung (Korea)," tulis Wang Yi.


Korea Utara megegaskan pada Desember ini kemungkinan adanya "Hadiah Natal" bagi Washington setelah Kim memberi waktu sampai akhir tahun ini bagi AS untuk mengusulkan konsesi baru dalam pembicaraan mengenai persenjataan nuklir negaranya dan mengurangi ketegangan kedua negara.

"Kami akan mencari tahu apa kejutannya dan kami akan menanganinya dengan sangat sukses," kata Trump kepada wartawan di resor Mar-a-Lago," katanya kepada wartawan, Selasa (24/12/2019), dikutip Reuters. "Kita akan melihat apa yang terjadi."


"Barangkali hadiah itu berupa jambangan yang indah dan bukannya percobaan rudal. Saya mungkin akan mendapat jambangan [vas bunga]," kata Trump.

Korea Utara menyerukan kepada AS agar memberinya konsesi dalam perundingan senjata nuklir dan memperingatkan bahwa "Hadiah Natal" yang diharapkan itu tergantung Amerika.

Selain itu ada tuduhan Korea Utara soal upaya Washington yang berusaha menyeret perundingan denuklirisasi menjelang upaya pemilihan ulang Trump pada tahun depan.

Perundingan nuklir antara AS-Korut terkendala sejak Februari lalu lantaran Korut meminta dilonggarkannya sanksi-sanksi Amerika, tapi AS menolak.

Terakhir kali Korut meluncurkan rudal balistik antarbenua pada November 2017 dan mengadakan percobaan senjata nuklir 2 bulan sebelumnya.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EPysrZ

December 25, 2019 at 06:44PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Siap Terima "Kado Natal" dari Korea Utara, Apaan tuh?"

Post a Comment

Powered by Blogger.