Search

Saham Unicharm Meroket 21%, Buat Apa Saja Dana IPO-nya?

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan yang memproduksi beragam popok dan pembalut wanita, PT Unicharm Indonesia Tbk (UCID) mencatatkan saham perdana (listing) di Bursa Efek Indonesia hari ini, Jumat, 20 Desember melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Unicharm menjadi perusahaan tercatat ke 54 yang tercatat sepanjang tahun 2019 dengan kode saham UCID dan menjadi emiten ke 667 di BEI.

Saat debut perdana, saham Unicharm sempat menguat 6,67% dari harga penawaran umum Rp 1.500 per saham, kemudian kembali melesat 14% ke level Rp 1.720 per saham. Pada pukul 11.02 WIB, Jumat ini, saham UCID meroket 21% di level Rp 1.810/saham.


Perseroan melepas 831.314.400 saham ke publik dengan harga IPO Rp 1.500/saham, sehingga meraih dana IPO sebesar Rp 1,25 triliun, dengan kapitalisasi pasar Rp 6,23 triliun. Adapun jumlah saham yang tercatat (berikut dengan saham pendiri) yakni 4,15 miliar saham. Dari IPO ini, perseroan meraih dana Rp 1,2 triliun dan menjadi emisi terbesar sepanjang tahun 2019.

Presiden Direktur Unicharm Indoneisa Yuji Ishii, dalam seremoni pencatatan perdana saham menyampaikan, IPO ini merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan kepada Unicharm.

"Pencatatan saham ini merupakan bukti komitmen Unicharm Indonesia kepada para stakeholders dan rekanan usaha kami," kata Yuji di Bursa Efek Indonesia, Jumat (20/12/2019).

Melalui IPO, kata Yuji Ishii, perseroan akan meningkatkan kapasitas produksi ke depan sekaligus mendapat dana dengan biaya yang lebih terjangkau daripada pinjaman dari perbankan.

Pemegang saham Unicharm sebelum IPO yakni UC Jepang 74%, sementara PT Purinusa 26%. Sesudah IPO, pemegang saham yakni UC Jepang menjadi 59,20%, sementara Purinusa 20%, dan publik 20%.

Lantas ke mana saja dana IPO akan digunakan?

Rencananya, Unicharm akan mengalokasikan 64,6% dana IPO untuk belanja modal. Sekitar 20,6% untuk membayar utang dan sisanya, sekitar 14,8% untuk modal kerja.
Sekitar 64,6% digunakan untuk kebutuhan belanja modal yaitu pembelian fasilitas produksi baru dan peremajaan fasilitas produksi yang sudah ada.

Belanja modal ini di antaranya untuk produk pembalut wanita, perseroan akan memperkenalkan fasilitas produksi baru khusus untuk produk penggunaan malam hari yang akan digunakan untuk menambah kapasitas produksi sekitar 10% dari kapasitas terpasang. Perkiraan pembelian adalah di tahun 2020.

Untuk produk popok dewasa, perseroan akan memperkenalkan fasilitas produksi baru untuk produk popok dengan bentuk celana yang akan menambah kapasitas sekitar 58% dari kapasitas terpasang. Perkiraan pembelian adalah di tahun 2020.

Adapun untuk produk pembalut wanita, popok dewasa dan popok bayi juga akan dilakukan modifikasi mesin yang akan berdampak pada efisiensi dan penurunan biaya produksi, namun tidak berdampak pada kapasitas terpasang. Perkiraan tahun modifikasi mesin adalah tahun 2020- 2021.

Perseroan juga akan melakukan peremajaan untuk fasilitas umum. Perkiraan tahun peremajaan fasilitas umum adalah tahun 2020-2021.

Sementara itu, sekitar 20,6% untuk melunasi sebagian pinjaman kepada UCC yaitu sebesar US$ 19 juta dolar, di mana pembayaran pinjaman tersebut akan dilaksanakan setelah perseroan memperoleh dana hasil IPO.

Setelah melakukan pembayaran tersebut, sisa utang berdasarkan perjanjian tersebut di atas adalah sebesar US$ 1 juta.

Adapun sisa dana IPO sekitar 14,8% akan digunakan untuk modal kerja.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/34ElMyA

December 20, 2019 at 06:04PM

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Saham Unicharm Meroket 21%, Buat Apa Saja Dana IPO-nya?"

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

Powered by Blogger.