Search

Jiwasraya Gagal Bayar Triliunan, Jokowi: Bukan Masalah Ringan

Balikpapan, CNBC IndonesiaPT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengalami gagal bayar polis nasabahnya yang jatuh tempo, nilainya mencapai Rp 12,4 triliun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masalah Jiwaraya masalah berat.

"Ini bukan masalah yang ringan. Tapi setelah pelantikan, Pak Menteri BUMN kemarin kita sudah rapat Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan. Yang jelas gambaran solusinya sudah ada, kita tengah mencari solusi itu, sudah ada masih dalam proses semuanya," tutur Jokowi di Balikpapan, Rabu (18/12/2019).

Jokowi mengatakan, masalah di Jiwasraya sudah masuk ranah kriminal. Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, meminta kepada aparat penegak hukum untuk memproses dugaan kecurangan (fraud) di Jiwasraya.


Sri Mulyani mengaku telah menyerahkan data-data pendukung dugaan kecurangan di Jiwasraya kepada aparat hukum di antaranya Kepolisian, Kejaksaan Agung, sampai dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Kini, Jiwasraya harus menanggung total utang hingga mencapai Rp. 49,6 triliun. Utang ini disebut-sebut mengarah pada direksi periode 2013-2018 yang kerap membuat kebijakan serampangan.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan masalah Jiwasraya ternyata sudah terjadi sejak 2006.

"Buat Jiwasraya sebenarnya kan hal ini sudah mulai terjadi 2006 tapi terus 2011 terus meningkat. Karena itu memang proses restrukturisasi yang dilakukan sampai 10 tahun ini pasti memerlukan waktu," ujar Erick.

Dalam enam bulan ke depan, ujar Erick, Kementerian BUMN akan mempersiapkan solusi, apa itu?

"Insya Allah dalam enam bulan ini kita coba persiapkan solusi-solusi yang salah satunya diawali dengan pembentukan holdingisasi pada perusahaan asuransi supaya nanti ada cash flow juga membantu nasabah yang hari ini belum mendapat kepastian. Tapi hari ini yang mesti saya tekankan restruktrurisasi. Jadi prosesnya pasti berjalan," tutur Erick.

(wed/wed)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2r1WkVZ

December 18, 2019 at 05:51PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jiwasraya Gagal Bayar Triliunan, Jokowi: Bukan Masalah Ringan"

Post a Comment

Powered by Blogger.