Search

Malang Nasib Rusia, Dilarang Ikut Olimpiade dan Piala Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Malang nasib Rusia. Negara ini akhirnya dilarang tampil dalam kegiatan olahraga kelas dunia, selama empat tahun.

Bukan hanya Olimpiade Tokyo, Moskow harus rela tak ikut andil dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. Kasus doping yang terjadi menjadi alasannya.


Eksekutif dari The World Anti-Doping Agency (WADA) menemukan bahwa Rusia telah memberikan bukti palsu dan menghapus file asli terkait tes doping para atletnya. Data tersebut berisi tes doping positif atlet yang diambil dari tes di laboratorium.

Presiden WADA Craig Reedie mengatakan kasus doping Rusia sudah terlalu lama terjadi. "Rusia telah mengurangi semangat olahraga bersih," ujarnya dikutip dari Reuters.

Ini menjadi pukulan berat bagi Rusia yang reputasinya ternoda oleh skandal doping. Sementara itu federasi sepak bola dunia, FIFA, masih akan mengkonfirmasi sanksi ini pada WADA untuk memutuskan kelanjutan tim sepak bola Rusia di Piala Dunia.

Rusia sudah terjebak dalam skandal doping sejak 2015. Saat itu WADA mendapat laporan adanya doping massal yang dilakukan atlet Rusia.


Sebelumnya karena hal ini Rusia pun mendapat sanksi tak bisa berlaga dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Korea Selatan 2018. Ini hukuman karena doping yang dilakukan di Olimpiade Musim Dingin 2014 yang berlangsung di Sochi Rusia.

Menurut Reuters, beberapa pejabat Rusia telah mencoba menghubungi WADA untuk meminta konfirmasi lebih lanjut. Rusia menuding ini merupakan aksi Barat untuk menahan Moskow.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2LAJd5e

December 10, 2019 at 03:39PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Malang Nasib Rusia, Dilarang Ikut Olimpiade dan Piala Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.