Search

Ada Perang Segitiga AS-Brasil-Argentina, Rupiah Wajib Waspada

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka menguat tipis di perdagangan pasar spot haru ini. Namun rupiah tetap harus waspada karena hawa perang dagang yang menguat.

Pada Selasa (3/12/2019), US$ 1 setara dengan Rp 14.110 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Namun, sepertinya apresiasi rupiah disebabkan oleh intervensi Bank Indonesia (BI). Pagi ini, pasar Domestic Non-Deliverable Forwards (DNDF) sudah aktif sebelum pukul 08:00 WIB tepatnya jam 07:06 WIB. Ini sudah menjadi pertanda bahwa MH Thamrin melakukan penjagaan ketat kepada rupiah.


Seiring perjalanan pasar, penguatan rupiah yang tipis itu pun habis. Pada pukul 08:12 WIB, US$ 1 sudah dihargai Rp 14.120, sama persis dengan posisi penutupan perdagangan kemarin alias stagnan.

Rupiah memang harus ekstra waspada hari ini karena berbagai uang utama Asia melemah di hadapan dolar AS. Berikut 'klasemen' mata uang utama Asia pada pukul 08:13 WIB:

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2DF4NBq

December 03, 2019 at 03:29PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Perang Segitiga AS-Brasil-Argentina, Rupiah Wajib Waspada"

Post a Comment

Powered by Blogger.