Search

Gebrakan Erick Thohir Sejauh Ini: Rombak 8 BUMN

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus merombak jajaran pengurus perusahaan pelat merah. Hingga saat ini, tercatat sudah 8 BUMN yang dirombak habis Erick Thohir.

Dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan, Erick sudah merombak jajaran 8 BUMN. Jumlah ini bukan tidak mungkin terus bertambah karena ada beberapa BUMN yang akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).


Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, selama Erick memegang kendali, pergantian pengurus yang sudah dilakukan antara lain, penunjukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) menggantikan Tanri Abeng.

Selain Ahok, Erick juga menunjuk Emma Sri Martini menjadi Direktur Keuangan Pertamina. Emma sebenarnya masih menjabat sebagai Dirut PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Emma menggantikan Pahala Mansury.

Tak lama berselang, Erick menunjuk Orias Petrus Moedak menjadi Dirut PT Inalum (Persero) atau MIND ID. Orias menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN.

Lalu Mahala Mansury ditunjuk oleh Erick Thohir menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Dirut BTN kosong setelah Suprajarto mundur dari posisi Dirut.

Setelah itu, pekan lalu Erick merombak direksi dan komisaris PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Royke Tumilaar ditunjuk menjadi Dirut Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang juga ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN.

Selain menunjuk Royke, Erick mengangkat Silvano Rumantir sebagai direktur keuangan dan menunjuk Kartika sebagai Komisaris Utama dan juga mengangkat Chatib Basri menjadi Wakil Komisaris Utama.

Tak berhenti disana, Erick juga memberhentikan lima direksi PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Pemberhentian tersebut dilakukan karena kelima direksi tersebut terlibat dalam penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat Airbus A330-900 NEO.

Beberapa hari lalu, Kementerian BUMN juga merombak susunan direksi PT KAI dengan mengangkat Edi Sukmoro sebagai Direktur Logistik dan Pengembangan dan menugaskan yang bersangkutan untuk menjalankan tugas sebagai Direktur Utama PT KAI (Persero) sampai dengan diangkatnya Direktur Utama yang definitif.

Setelah itu, giliran Dana Amin yang diangkat menjadi Dirut Antam mengantikan Arie Prabowo Ariotedjo. Direktur keuangan Antam juga diganti dari Wikan Pramudhito kepada Anton Herdianto. Satu lagi direktur pengembangan usaha diganti dari Sutrisno S Tatetdagat ke Risono.

[Gambas:Video CNBC]


Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EZUk4d

December 24, 2019 at 04:34PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gebrakan Erick Thohir Sejauh Ini: Rombak 8 BUMN"

Post a Comment

Powered by Blogger.