Search

September Alakadarnya, Penjualan Ritel Bangkit pada Oktober!

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan ritel pada Oktober 2019 tumbuh membaik dibandingkan bulan sebelumnya. Namun pada November, pertumbuhan penjualan ritel diperkirakan sedikit melambat.

Peningkatan penjualan ritel dicerminkan oleh Indeks Penjualan Rill (IPR) yang tumbuh 3,6% year-on-year (YoY) pada Oktober. Lebih tinggi dibandingkan dengan IPR September 2019 sebesar 0,7%.


"Pertumbuhan penjualan eceran ditopang oleh penjualan pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, serta kelompok suku cadang dan aksesori," sebut keterangan tertulis BI.


Pada November, BI memperkirakan penjualan ritel tetap tumbuh tetapi melambat menjadi 3,4%. Pertumbuhan ini ditopang oleh kelompok suku cadang dan aksesori, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Sementara hasil survei BI mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang diprakirakan menurun. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang menurun menjadi 149,2 dari 153,1 pada bulan sebelumnya.

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2YFz64A

December 10, 2019 at 05:15PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "September Alakadarnya, Penjualan Ritel Bangkit pada Oktober!"

Post a Comment

Powered by Blogger.