Search

Fantastis! Dana Asing Masuk Rp 35 T per Tahun ke Unicorn RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbondong-bondong dana investor asing sudah menyerbu sektor startup atau perusahaan rintisan tanah air. Nilainya cukup fantastis, mencapai US$ 2,5 miliar atau Rp 35 triliun (Kurs US$ 1 = Rp 14.000) per tahunnya.

"Pada dasarnya yang namanya Foreign Direct Investment (FDI) itu kisarannya US$ 9-12 miliar dolar per tahun. Perkiraan kami porsi yang masuk 15-20% dari angka itu, jadi sekitar US$ 2-2,5 miliar per tahun totalnya yang masuk unicorn saat ini," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, dalam diskusi "Investasi Unicorn Untuk Siapa?" di Kemkominfo, Selasa (26/2/2019).

Apakah dana yang sudah masuk tersebut bisa ditarik seketika?


Lembong mengatakan, tidak perlu dikhawatirkan. Jalan keluar dari dana yang masuk ke perusahaan startup adalah melalui Initial Public Offering (IPO). "Keluarnya hanya ada IPO. Jual ke investor lain atau nilainya di-nolkan."

Investor yang masuk ke startup atau e-commerce dalam negeri ini sudah mengetahui persisnya dan potensi keuntungan. "Sekali masuk harus commited total. Dan potensi keuntungannya mencukupi yang dikejar," katanya.

(dru/wed)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2XqYXvO

February 27, 2019 at 01:39AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fantastis! Dana Asing Masuk Rp 35 T per Tahun ke Unicorn RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.