Search

Tembus Decacorn, Inilah Milestone Pendanaan Grab

Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Taxi Holdings, perusahaan berbagi tumpangan (ride-hailing) terbesar di Asia Tenggara, telah memiliki valuasi perusahaan di atas US$ 10 miliar atau dikenal decacorn.

Bukan hanya jadi decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab juga mencapai valuasi tersebut hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun.

Inilah sejarah pendanaan Grab yang dimulai dari 2014 :


Pendanaan pertama Grab dimulai dari April 2014 dengan nilai sekitar US$ 10 juta atau Rp 140 miliar (kurs Rp 14.000). Dikutip dari Techcrunch Pendanaan seri A ini dikucurkan oleh Vertex Venture Holdings, anak usaha dari Temasek Holdings.


Namun pada tahun yang sama, Grab juga mendapatkan pendanaan dalam beberapa seri dengan total US$ 340 juta dengan rincian seri B pada Mei 2014 senilai US$ 15 juta. Dalam pendanaan pemodal yang mengucukan adalah GGV Capital asal China, Qunar dan Vertex Venture.

Berikutnya, seri C pada Oktober 2014 senilai US$ 65 juga dari Tigel Global asal Amerika Serikat, GGV Capital dan Venture Vertex. Grab menutup tahun 2014 dengan pendanaan seri D senilai US$ 250 juta dari SoftBank Group asal Jepang.

Pendanaan Grab berlanjut pada Agustus 2015 dengan menggandeng investor kakap seperti Didi Chuxing asal China dan China Investment Corporation (CIC). Dalam pendanaan seri E ini Grab menjaring dana US$ 350 juta.

Tak berhenti disana, Grab mandapatkan dana US$ 750 juta di pendanaan seri F dari Softbank, Didi Chuxing dan produsen otomotif Jepang Honda. Pendanaan ini didapatkan pada September 2016.

Pendanaan Grab berlanjut pada seri G senilai US$ 2,5 miliar. Kerja sama pendanaan didapatkan pada Agustus 2017 dari Softbank, Didi Chuxing dan Toyota.

Pada 2018 Grab menyatakan memulai pendanaan sekitar US$ 3 miliar dari Toyota, Microsoft, Booking Holdings dan Yamaha Motors. Namun, beberapa media seperti TechCrunch telah melaporkan Grab meningkatkan target pendanaan jadi US$ 5 miliar.

TechCrunch melaporkan perusahaan ini terakhir kali bernilai US$ 11 miliar, ketika Toyota menginvestasikan US$ 1 miliar di Seri H ini pada 7 bulan lalu. Namun belum jelas berapa peningkatan valuasi Grab ketika putaran seri H tersebut selesai.

Saksikan sepak terjang Grab di ekonomi kredit dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2IK34zV

March 01, 2019 at 02:16AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tembus Decacorn, Inilah Milestone Pendanaan Grab"

Post a Comment

Powered by Blogger.