Search

Bukan Cuma Ozil, Khabib Nurmagomedov Komentari Soal Uighur

Jakarta, CNBC Indonesia - Kontroversi soal dugaan persekusi pada etnis Uighur di Xinjiang China masih ramai. Kali ini, setelah pemain Arsenal Mesut Ozil berkomentar, Khabib Nurmagomedov, petarung UFC juga buka suara.

Melalui Instagramnya @khatib_nurmagomedov mengunggah video di instastory yang diduga penahanan Muslim Uighur. Warga Rusia berumur 30 tahun itu pun memberi komentar soal keselamatan warga Uighur.


"Ya Allah, berikanlah kemudahan bagi saudara-saudara Uighur kami," bunyi tulisan itu sebagaimana dikutip CNBC Indonesia dari detikcom.
Bukan Cuma Ozil, Khabib Nurmagomedov Komentari Soal UighurFoto: Khaibib Nurmagomedov (Instagram)

Sebelumnya, Ozil sempat berkomentar soal Uighur. Ia pun mengkritik banyaknya pemimpin Muslim yang diam.

"(Di China) Quran dibakar, masjid ditutup, sekolah teologi Islam-madrasah dilarang, cendikiawan dibunuh satu per satu. Terlepas dari itu semua, Muslim tetap diam," tulis pemain Timnas Jerman itu di Twitternya @MesutOzil1088.


Ini menimbulkan kekecewaan di publik dan pemerintah China. Bahkan laga Arsenal melawan Manchester City yang tayang langsung di CCTV pekan lalu, dibatalkan.

Klub sepak bola tempatnya bergabung juga tidak luput dari serangan China. Namun begitu, Arsenal telah memberikan tanggapan bahwa klub itu tidak memiliki keterlibatan dengan pendapat Ozil.

"Konten yang dia ungkapkan sepenuhnya adalah pendapat pribadi Ozil," tulis akun resmi Arsenal dalam sebuah posting di platform Weibo.

PBB dan kelompok-kelompok hak asasi manusia dunia memperkirakan ada sekitar 1 juta sampai 2 juta orang yang ditahan dalam kamp-kamp di Xinjiang, yang diduga sebagai tempat penganiayaan. Sebagian besar dari mereka yang ditahan adalah etnis Uighur.

Namun, China telah berulang kali menentang tudingan ini. Pemerintah mengatakan tempat itu bukan kamp penyiksaan, melainkan tempat kursus dan merupakan bagian dari kampanye anti terorisme.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/35MZvA9

December 22, 2019 at 08:00PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukan Cuma Ozil, Khabib Nurmagomedov Komentari Soal Uighur"

Post a Comment

Powered by Blogger.