Search

BCA Akuisisi Rabobank, MNCN-SCMA Bikin Kerja Sama

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir perdagangan kemarin berhasil ditutup dengan koreksi sebesar 0,06% ke level 6.180,1.

Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang justru ditransaksikan di zona hijau: indeks Shanghai naik 0,24%, indeks Hang Seng menguat 0,79%, indeks Straits Times bertambah 0,41%, dan indeks Kospi terapresiasi 0,36%.


Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.

1. Wah! BCA Resmi Caplok Rabobank Indonesia

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengakuisisi saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank Indonesia) dari Grup Rabobank.

Transaksi ini mengikuti rencana Grup Rabobank untuk menghentikan operasional di Indonesia seturut dengan perubahan pada strategi global grup. Akuisisi ini ditandai dengan penandatangan perjanjian jual beli bersyarat (conditional sale and purchase agreementatau CSPA) antara kedua pihak pada 11 Desember 2019, yang tunduk pada persetujuan OJK.

2. Heboh! MNC & SCTV Mau Kolaborasi, Mau Bikin Apa Nih?

Dua raksasa media nasional, Grup MNC dan Grup SCMA berencana akan melakukan kolaborasi merespons penurunan bisnis televisi free to air. Rencana kolaborasi dua grup tersebut terungkap setelah kedua perseroan melakukan pertemuan dengan para analis.

CNBC Indonesia mencoba mengkonfirmasi hal tersebut kepada Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) David Fernando Audy dan tidak membantah soal rencana tersebut. Namun David masih belum mau menjelaskan secara rinci seperti apa rencana kerja sama kedua perusahan tersebut.

3. Fit & Proper Test Komisaris & Direksi BTN Selesai Januari

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) menyampaikan direksi dan komisaris PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN) akan mendapatkan hasil uji penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selambatnya pada Januari 2020.

Staf Khusus KBUMN Arya Sinulingga mengatakan pengajuan untuk melakukan fit and proper test ini sudah diajukan ke OJK. Saat ini tak ada masalah dalam internal perusahaan untuk penyampaian Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2020 karena sudah disahkan oleh komisaris sebelumnya.

4. Heboh Eksploitasi Pramugari Garuda, Ini Respons Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir buka suara perihal kehebohan eksploitasi pramugari di lingkungan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/12/2019), Erick mengatakan tindakan amoral itu berada di ranah penegak hukum, dalam hal ini kepolisian.

"Kalau saya kan lebih ke korporasi. Walaupun tentu kita ke depan ya saya rasa nanti akhir tahun kita juga akan memastikan tidak ada sexual harassment (pelecehan seksual) kepada pegawai-pegawai perempuan yang ada di BUMN. Itu harus benar-benar kita tingkatkan," ujar Erick.


5. Saham Gudang Garam Ambles, Harta Wonowidjojo Tergerus Rp 36 T

Setelah terpental dari daftar 10 besar emiten dengan kapitalisasi terbesar (market capitalization), saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM) terus melorot tajam. Pada penutupan perdagangan Rabu sore (11/12/2019), saham GGRM minus hingga 2,02% di level Rp 52.200/saham.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, nilai transaksi perdagangan saham GGRM hari ini sebesar Rp 53,42 miliar dengan volume perdagangan 1,02 juta saham dan kapitalisasi pasar Rp 100,44 triliun.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2YC3lJE

December 12, 2019 at 02:45PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BCA Akuisisi Rabobank, MNCN-SCMA Bikin Kerja Sama"

Post a Comment

Powered by Blogger.