Search

Sah! Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 KM

Lampung, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (8/3/2019). Peresmian dilakukan di depan Gerbang Tol Natar, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Ini adalah bagian dari Lampung ke Aceh. Kapan tersambung? 2024 akan tersambung Aceh dan Lampung," ujar Jokowi dalam sambutannya.


Secara spesifik, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki panjang 140,9 kilometer. Tol ini dibangun selama 4 tahun, tercepat menurut Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kenapa bisa sangat cepat? Pembebasan lahan dan tanah cepat dan tadi ada ASN kita, ketua tim pembangunan ini, Pak Adham, dipanggila Allah SWT," tutur Jokowi.

Sebelum peresmian, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah direktur utama BUMN dan wartawan memantau sejumlah ruas jalan tol tersebut.

"Ini benar-benar pembangunan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tercepat empat tahun," ujar Rini seraya menyebut tol itu akan tersambung hingga ke Palembang, Sumatra Selatan.

Ruas itu memiliki panjang 140,9 kilometer (km). Ruas KM 0-KM 40 dikerjakan PT PP, KM 40-KM 75 oleh PT Waskita Karya, KM 75-KM 90 dikerjakan PT Adhi Karya, dan KM 95-KM 140,9 oleh PT Waskita Karya.

Peresmian itu akan menandai penambahan ruas jalan tol yang sudah dibangun pemerintah. Sepanjang 2018, sudah diresmikan ruas baru sepanjang 780 km.

"Secara total kita sudah bangun banyak. Merak sampai Surabaya sudah tersambung, tambah lagi di Probolinggo," ujar Rini.

Dalam proses pengerjaannya, mantan petinggi PT Astra Internasional itu menyebut aspek terberat adalah meyakinkan warga terkait lahan.

"Bagaimana membebaskan dan memberikan pengertian ini berguna. Pembebasan lahan cukup baik," kata Rini.

Sah! Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 KMFoto: Biro Pers Istana Kepresidenan

Agenda Jokowi
Selain meresmikan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, di lokasi yang sama, Jokowi juga akan meresmikan terminal dan dermaga eksekutif Merak dan Bakauheni.

Jokowi pun dijadwalkan menuju masjid yang ada di Kelurahan Bandarjaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah untuk melaksanakan salat Jumat yang dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah wakaf.

Pada petang harinya, Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Sumatera Selatan dan bermalam di Kota Palembang, untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Simak video terkait Jalan Tol Trans Sumatera di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Tpc5mP

March 08, 2019 at 04:29PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sah! Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 KM"

Post a Comment

Powered by Blogger.