Search

IHSG Dihantui Kabar Buruk dari Eropa dan Profit Taking

Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang akhir pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang akan mengalami pelemahan. Faktor utama adalah sentimen negatif dari keputusan Bank Sentral Eropa (ECB). Faktor lain yang juga perlu diantisipasi adalah kemungkinan aksi ambil untung (profit taking) investor hari ini.


Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan investor meninggalkan pasar keuangan Eropa pascakeputusan ECB tak menaikkan suku bunga, Kamis (7/3/2019) waktu setempat.

ECB menyampaikan pertumbuhan ekonomi yang kian melambat dan inflasi yang sangat rendah yang disebabkan oleh populasi yang menua dan peningkatan produktivitas yang tidak merata. ECB juga menyampaikan bahwa mereka memangkas pertumbuhan ekonomi Zona Euro tahun ini dari sebelumnya 1,7% menjadi 1,1%.

Kemudian, investor juga menunggu rilis data retail sales untuk bulan Januari. Berdasarkan konsensus yang dihimpun oleh Tradingeconomics, retail sales Januari 2019 diproyeksikan tidak lebih besar dari Januari 2018.

Sementara, menurut Panin Sekuritas, pasar diprediksi sepi dan akan ada upaya penguatan melihat IHSG ditutup dengan pola doji yang merupakan reversal pattern. Selain itu pada akhir pekan memang aksi jual akan lebih besar karena profit taking. Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed dalam range support di 6.400 poin dan support di 6.480 poin.

Simak video proyeksi The Fed terkait ekonomi AS di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EM2QmL

March 08, 2019 at 03:07PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IHSG Dihantui Kabar Buruk dari Eropa dan Profit Taking"

Post a Comment

Powered by Blogger.