Search

Diresmikan Jokowi Pagi Ini, Berapa Tarif MRT Jakarta?

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo akan meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta pagi ini, Minggu (24/3/2019), di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Selain meresmikan operasional MRT Jakarta, Jokowi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga akan melaksanakan pencanangan pembangunan MRT Fase II dengan rute Bundaran HI-Kota, menurut agenda yang diterima CNBC Indonesia.

Moda transportasi ini akan mulai beroperasi pada Senin (25/3/2019) esok dan masih dapat dinikmati gratis dengan cara mengisi data di pintu. Baru kemudian MRT Jakarta beroperasi secara komersial pada 1 April 2019.


Lantas, berapa tarif yang akan dikenakan kepada penumpang MRT Jakarta ini nantinya?


Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan tarif MRT Jakarta baru akan ditentukan pada pekan depan.

"Insyaallah hari Senin akan ada rapimgab (rapat pimpinan gabungan) dan pada saat itu ditetapkan," ujarnya mengacu kepada Rapimgab yang akan digelar di Gedung DPRD DKI Jakarta, seperti dikutip detikcom.

"Angkanya itu nanti menjadi tabel harga. Dari Stasiun Lebak Bulus kemudian sampai Stasiun Blok M itu berapa. Dari stasiun misalnya Senayan sampai Bunderan HI berapa. Harganya nanti antarstasiun," kata Anies.

"Perhitungannya kalau dirata-rata total itu Rp 10.000 (dari Stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI), tapi kalau per kilometer rata-rata Rp 1.000," lanjutnya.

Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat sendiri mengatakan ada dua mekanisme tarif.

Diresmikan Jokowi Pagi Ini, Berapa Tarif MRT Jakarta?Foto: infografis/infografis Segera Beroperasi, Mari Mengenal MRT Jakarta/Aristya Rahadian Krisabella

Pertama, tarif yang dikenakan ke penumpang. Untuk menentukan besarannya, PT MRT Jakarta telah bekerja sama dengan konsultan independen melakukan kajian kemampuan bayar penduduk Jakarta. Hasilnya adalah Rp 8.500 hingga Rp 10.000 per kilometer.

"Hasilnya (besaran tarif) itu akan dibawa ke Rapimgab pada hari Senin," ujarnya.

Mekanisme kedua adalah tarif yang akan dihitung secara keekonomian oleh PT MRT Jakarta, besaran nominal sebesar Rp 31.659. Menurut Tuhiyat, selisih nilai itu yang akan disubsidi.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang ikut mengusulkan besaran tarif MRT Jakarta.

"Tarif MRT diharapkan di kisaran antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 15.000 per sekali jalan atau disesuaikan dengan stasiun yang dituju," tulisnya dalam keterangan resmi, Sabtu.

Ia berharap dengan adanya MRT ini produktivitas karyawan semakin meningkat karena akan dapat sampai di tempat kerja tepat waktu.

Saksikan video mengenai tarif MRT Jakarta berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2CCcmbF

March 24, 2019 at 02:40PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diresmikan Jokowi Pagi Ini, Berapa Tarif MRT Jakarta?"

Post a Comment

Powered by Blogger.