Search

Simak, Ini Bukti Konkret Jokowi 'Sebar Dana' ke Masyarakat

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepanjang 2018, total belanja negara yang digelontorkan pemerintah mencapai Rp 2.202,2 triliun atau 99,2% dari target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Belanja yang dikucurkan pemerintah sebagian besarnya berasal dari pendapatan negara yang terdiri dari penerimaan perpajakan [pajak dan bea cukai] dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Selain itu, juga berasal dari pembiayaan utang.

Penyaluran belanja dilakukan baik melalui Kementerian/Lembaga, belanja non Kementerian/Lembaga yang mencapai Rp 1.444,4 triliun, serta transfer ke daerah dan dana desa yang mencapai Rp 757.8 triliun.


Lantas, bagaimana dampak kucuran uang negara sepanjang tahun 2018?

Simak, Ini Bukti Konkret Jokowi 'Sebar Dana' ke MasyarakatFoto: Presiden Jokowi dan Menteri Rini sambung listrik gratis di Magetan, Jawa Timur (dok. Kementerian BUMN)

Dalam dokumen Kementerian Keuangan yang dikutip CNBC Indonesia, Jumat (1/2/2019), ciamiknya kinerja kas keuangan negara turut diikuti dengan capaian kinerja output yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.

Pertama, untuk sektor pendidikan. Sebanyak 20,3 juta siswa mendapatkan program Indonesia pintar, 472 ribu mahasiswa mendapatkan beasiswa bidik misi, serta 56,2 juta siswa mendapatkan bantuan operasional sekolah.

Kedua, untuk perlindungan sosial, di mana 10 juta keluarga mendapatkan program keluarga harapan (PKH), 15,4 juta keluarga mendapatkan subsidi rastra atau bantuan pangan, dan 57,76 pelanggan menerima subsidi LPG.

Ketiga, untuk sektor kesehatan, di mana sebanyak 92,3 juta jiwa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat, 9,785 puskesmas mendapatkan bantuan operasional kesehatan, dan pembangunan 10 rumah sakit pratama.

Keempat, infrastruktur. Pelaksanaan APBN 2018 telah berhasil membangun 1.710,4 kilometer jalan, 13.106,3 kilometer pembangunan jembatan, 4 pembangunan bandara baru, dan pembangunan pelabuhan laut di 86 lokasi.

"Ini merupakan capaian kinerja APBN sepanjang 2018," kata Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kunta Wibawa, Jumat (1/2/2019).

(dru)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2RZABdE

February 01, 2019 at 10:40PM

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Simak, Ini Bukti Konkret Jokowi 'Sebar Dana' ke Masyarakat"

  1. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.