Search

RI Punya Dana Riset Abadi Hingga Rp 1 Triliun, Buat Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus berupaya mendukung peningkatan mutu dan kualitas SDM, salah satunya melalui dana riset abadi. Nantinya, dana riset abadi ini bisa dimanfaatkan oleh dunia pendidikan maupun dunia penelitian murni.

Hingga saat ini, dana riset abadi sudah mencapai Rp 1 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, pengelolaan dana riset abadi ini akan dilakukan bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dengan demikian, pihaknya tidak akan membentuk Badan Layanan Umum atau BLU baru untuk mengelola dana riset abadi ini.

"Dana riset, untuk presiden yang sampaikan pentingnya SDM, dan dalam UU APBN saat ini sudah ada mulai Rp 1 triliun yang disebut dana abadi untuk riset. Selama ini kita masih kelola bersama LPDP, sehingga tidak menambah BLU baru," ujar Sri Mulyani usai Rakornas BLU, Selasa (26/2/2019).


"Nanti kita bisa membuat di dalam dana abadi ini, 1 pure untuk pendidikan, 1 untuk penelitian, dengan tata kelola dan kepengurusan yang akan didiskusikan antar menteri dan tentu di dalam sidang kabinet," sambungnya.

Melalui dana riset abadi ini, pemerintah berharap SDM Indonesia bisa semakin berkualitas dan mendukung pembangunan ekonomi.

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2XqtNVI

February 26, 2019 at 10:29PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RI Punya Dana Riset Abadi Hingga Rp 1 Triliun, Buat Apa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.