Search

Perhatian Investor! Beli Saham Nanti Bisa Pakai Kartu Kredit

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengkaji rencana untuk bisa melakukan pembelian saham menggunakan kartu kredit (credit card). Tujuannya adalah untuk membuat investor bisa membeli saham dengan menggunakan fasilitas pendanaan dari perbankan dan pengembalian dananya bisa dilakukan dengan cara mencicil.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan rencana tersebut saat masih dalam kajian oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuan-nya dalam rangka meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan di pasar modal Indonesia.


"Nanti-nya bisa beli saham lewat credit card. Sudah pernah dibicarakan oleh OJK, memungkinkan tapi rencana ini tidak akan langsung direalisasikan, masih perlu kajian," kata Inarno dalam kunjungannya ke kantor CNBC Indonesia, Selasa (26/2).

Menurut dia, hal tersebut mungkin saja dilakukan sebab saat ini transaksi menggunakan kartu kredit tak dibatasi tujuan penggunaannya.

Saat ini peminjaman dana ini sudah difasilitasi menggunakan transaksi margin, yaitu fasilitas yang diberikan kepada investor untuk membeli saham dengan nilai lebih besar dari modal.

Menurut aturannya, Anggota Bursa (AB) bisa memerikan fasilitas tersebut kepada nasabah-nya dengan jumlah maksimal dua kali dari modal yang dimilikinya.

Namun sayangnya transaksi margin ini masih dibatasi pemanfaatan-nya, yakni hanya bisa diberikan kepada nasabah yang kekayaan bersih lebih dari Rp 1 miliar dan mempunyai pendapatan tahunan lebih dari Rp 200 juta.

Selain itu,saham-saham yang bisa dibeli menggunakan fasilitas margin tersebut juga terbatas. (hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tDt9Gt

February 27, 2019 at 02:00AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatian Investor! Beli Saham Nanti Bisa Pakai Kartu Kredit"

Post a Comment

Powered by Blogger.