Search

Jokowi: 99,9% Warga RI Harus Bisa Akses Listrik di 2019

Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi tahap pertama dengan kapasitas 1x660 MW.

Lokasi peresmian berada di Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Senin, (25/2/2019) seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Negara.


Berdasarkan data yang diterima kepala negara, saat ini rasio elektrifikasi nasional telah mencapai 98,2%. Akhir tahun ini, pemerintah berjanji setidaknya rasio elektrifikasi bisa mencapai 99,2%.

"Tadi janjinya Pak Menteri ESDM akhir tahun ini 99,9 persen harus sudah masuk ke semua rumah tangga yang ada di seluruh Tanah Air ini," kata Jokowi.

Sebagai informasi, pembangunan PLTU Cilacap terdiri atas dua tahap. Tahap pertama dengan kapasitas 1x660 MW telah selesai dibangun sekaligus diresmikan, dan diharapkan mampu melayani tambahan pelanggan baru hingga 682.000 pelanggan dari kelompok rumah tangga.

Sementara untuk tahap kedua, pembangunan diperkirakan selesai lebih cepat dari target semula. Pembangunan PLTU Cilacap Ekspansi tahap kedua dengan kapasitas mencapai 1x1.000 MW akan selesai pada akhir tahun 2019 ini.

"Masih ada sisa 1.000 MW yang juga akan diselesaikan nanti akhir tahun ini," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Jokowi pun sempat menceritakan perbincangannya dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengenai proyek PLTU Cilacap tahap kedua yang kemungkinan besar bisa mundur pengoperasiannya di 2020.

"Tadi bisik-bisik Pak Dirut ke saya,l. Pak, ini kelihatannya bisa maju satu tahun. Harusnya tahun 2020 tapi mungkin akhir tahun ini insyaallah bisa kita selesaikan," jelasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Saksikan video tentang PLTU tertua di dan pertama di Jawa Barat di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2E96pDi

February 25, 2019 at 10:46PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi: 99,9% Warga RI Harus Bisa Akses Listrik di 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.