Search

Jelang Bertemu Kim Jong Un, Sikap Trump Makin Kalem

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan dia akan senang selama Korea Utara tetap tidak melakukan uji coba senjata nuklirnya. Ia juga mengatakan tidak terburu-buru untuk mencapai kesepakatan nuklir dengan pemimpin negara itu, Kim Jong Un.

Pernyataan itu disampaikan menjelang pertemuan kedua mereka yang akan dilakukan pekan ini.

Kedua pemimpin akan bertemu di Hanoi pada hari Rabu dan Kamis (27-28 Februari). Pertemuan kedua ini diadakan delapan bulan setelah pertemuan tingkat tinggi bersejarah mereka di Singapura Juni tahun lalu, yang merupakan pertemuan pertama antara presiden AS yang menjabat dan seorang pemimpin Korea Utara.


Kedua pemimpin telah berjanji untuk mengupayakan denuklirisasi penuh Semenanjung Korea. Tetapi, hasil perjanjian mereka saat itu belum jelas dan masih minim, dan para senator Demokrat dan pejabat keamanan AS telah memperingatkan Trump agar tidak membuat kesepakatan yang hanya akan sedikit mengekang ambisi nuklir Korea Utara.


Saat Kim melakukan perjalanan darat melalui China dengan kereta api untuk menghadiri pertemuan, media pemerintah Korea Utara memperingatkan Trump pada hari Minggu untuk tidak mendengarkan omongan para kritikus AS yang disebutnya mengganggu upaya kedua negara untuk mempererat hubungan.

Trump yang berbicara di Washington pada malam keberangkatannya ke Vietnam, mengatakan dia yakin dirinya memiliki chemistry dengan Kim dan bahwa mereka telah menjalin "hubungan yang sangat, sangat baik'.

"Saya tidak terburu-buru. Saya tidak ingin memburu siapa pun," kata Trump, dilansir dari Reuters.

"Saya hanya tidak ingin pengujian. Selama tidak ada pengujian, kami senang," tambahnya.

Jelang Bertemu Kim Jong Un, Sikap Trump Makin KalemFoto: REUTERS/Jonathan Ernst

Korea Utara melakukan uji coba nuklir terakhirnya, yang keenam, pada September 2017. Korea Utara menguji coba rudal balistik antarbenua pada November 2017.

Pemerintahan Trump telah mendesak Korea Utara untuk menghentikan program senjata nuklir, yang dikombinasikan dengan kemampuan misilnya, yang menimbulkan ancaman bagi Amerika Serikat.

Namun dalam beberapa hari terakhir, Trump telah mengisyaratkan posisinya yang melunak, dengan mengatakan ia akan senang untuk menghapus sanksi jika ada kemajuan berarti dalam denuklirisasi.

Saksikan video mengenai perjalanan Kim Jong Un ke Vietnam berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U73CRy

February 25, 2019 at 09:11PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang Bertemu Kim Jong Un, Sikap Trump Makin Kalem"

Post a Comment

Powered by Blogger.