Search

Mundur, PLTB Raksasa Kedua RI Baru Beroperasi September 2019

Jakarta, CNBC Indonesia- Sempat disebut bisa beroperasi di akhir tahun lalu karena pembangunan seelsai lebih cepat, PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) Jeneponto jadinya baru mulai bisa beroperasi September tahun ini.

PLTB yang bakal jadi PLTB raksasa kedua RI setelah Sidrap ini, berlokasi di Jeneponto, Sulawesi Selatan.


PLTB Tolo I Jeneponto direncanakan untuk bisa beroperasi pada September 2019 ini.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) Djoko Rahardjo Abumanan mengungkapkan, pengerjaan PLTB Jeneponto sudah selesai sejak November 2018 lalu, namun memang tidak segera dioperasikan karena mengikuti jadwal yang tercantum di dalam kontrak.

"PLTB Jeneponto itu tahun lalu sudah selesai, hanya saja kontrak beroperasinya harus September 2019, sistem itu disesuaikan dengan kebutuhan, kalau mau beroperasi sebelum kontrak nanti tidak ada pelanggannya, karena bebannya tidak tumbuh," ujar Djoko kepada CNBC Indonesia saat dihubungi, Senin (25/2/2019).

Lebih lanjut, ia menyebutkan, untuk tarifnya tidak jauh berbeda dengan PLTB Sidrap. PLTB Jeneponto dipasang tarif 11 sen/kWh, adapun untuk PLTB Sidrap tarifnya 12 sen/kWh.

"Setahu saya tarifnya masih seperti itu ya," pungkas Djoko.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman menambahkan, PLTB Jeneponto secara operasional sudah masuk dalam RUPTL, dan akan beroperasi tahun ini.

"Sekarang kami sedang masuk ke pengecekan dan uji coba sistem. Tahun ini PLTB Jeneponto akan resmi beroperasi," tandas Syofvi.

PT PLN (Persero) berencana untuk melakukan penambahan pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) sebesar 736 MW. Di antaranya melalui PLTA Poso berkapasitas 60 MW dan PLTB Jeneponto dengan kapasitas 72 MW.

Kepala Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka, perusahaan berkomitmen untuk mencapai target 23% pemanfaatan energi baru terbarukan di 2025. Ia menyampaikan, saat ini kapasitas pembangkit EBT yang terpasang sebesar 6711 MW, yang berhasil diselesaikan pada 2018 yakni sebesar 328 MW termasuk PLTB pertama di Indonesia yakni PLTB Sidrap 75 MW.

Mundur, PLTB Raksasa Kedua RI Baru Beroperasi September 2019Foto: Infografis/Desa Kincir/ Edward Ricardo

Made menambahkan, tidak hanya berasal dari dua pembangkit listrik di atas, penambahan pembangkit EBT juga ditargetkan berasal dari PLTA Jatigede 110 MW, PLTA Rajamandala 47 MW, PLTP Sorik Merapi 45 MW, PLTP Muara Laboh 80 MW dan PLTP Mulut Balai 55 MW.

Sehingga, secara keseluruhan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan saat ini telah mencapai 6711,2 MW atau setara dengan 11,76%. 

Saksikan video pemandangan PLTB Sidrap di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Sq5JhM

February 25, 2019 at 09:08PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mundur, PLTB Raksasa Kedua RI Baru Beroperasi September 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.