Search

Cuitan Trump Membawa Berkah, Bursa Saham Asia Menguat

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham utama kawasan Asia kompak dibuka menguat pada perdagangan pertama di pekan ini. Indeks Nikkei naik 0,66%, indeks Shanghai naik 1,22%, indeks Hang Seng naik 0,55%, indeks Straits Times naik 0,11%, dan indeks Kospi naik 0,48%.

Pelaku pasar bersuka cita merayakan perpanjangan periode gencatan senjata antara AS dan China di bidang perdagangan. Hal itu disampaikan oleh Presiden AS Donald Trump dalam serangkaian kicauannya di Twitter yang diunggah pada Minggu (24/2/2019) malam waktu AS atau Senin pagi waktu Indonesia. Namun, ia tidak menyebutkan tenggat waktu baru untuk perundingan dagang kedua negara.


"Saya senang melaporkan bahwa AS telah membuat kemajuan berarti dalam pembicaraan dagang kami dengan China terkait beberapa isu struktural penting, termasuk perlindungan kekayaan intelektual, transfer teknologi, pertanian, jasa, mata uang dan banyak isu lainnya," tulis Trump melalui akun @realDonaldTrump.

"Sebagai hasil dari pembicaraan yang sangat produktif ini, saya akan menunda kenaikan bea impor AS yang dijadwalkan pada 1 Maret. Dengan mengasumsikan kedua belah pihak membuat kemajuan tambahan, kami akan merencanakan pertemuan tingkat tinggi bagi Presiden Xi dan saya di Mar-a-Lago untuk merampungkan perjanjian. Akhir pekan yang sangat baik untuk AS dan China!" tambahnya.


Sejatinya, jika periode gencatan senjata tak diperpanjang, bea masuk bagi produk impor asal China senilai US$ 200 miliar akan dinaikkan menjadi 25% dari yang saat ini 10% mulai tanggal 2 Maret.

Dengan adanya perpanjangan periode gencatan senjata, maka kesepakatan dagang yang akan menghapuskan seluruh bea masuk yang selama ini dibebankan menjadi kian mungkin untuk dicapai.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2H1tcDS

February 25, 2019 at 04:22PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cuitan Trump Membawa Berkah, Bursa Saham Asia Menguat"

Post a Comment

Powered by Blogger.