Search

Reksa Dana Saham Tekor, 10 Produk Ini Terbang Double Digit

Jakarta, CNBC Indonesia - Reksa dana (RD) berbasis surat utang masih menjadi pemimpin klasemen perolehan keuntungan tertinggi di pasar modal sampai dengan bulan ke-11 tahun ini atau per November 2019. Sementara produk reksa dana berbasis saham masih terhitung memerah.

Data PT Infovesta Utama menunjukkan kinerja RD pendapatan tetap yang berbasis obligasi tersebut membukukan kinerja positif sepanjang November, yaitu sebesar 0,53%. Hasil positif itu berkaca dari Infovesta Fixed Income Fund Index 90 yang diterbitkan Infovesta.

RD pendapatan tetap adalah produk reksa dana yang isinya mayoritas efek surat utang, terutama obligasi pemerintah, obligasi korporasi, serta sukuk baik yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan baik swasta atau BUMN.


RD pasar uang juga mencetak kinerja yang positif pada bulan ke-11 itu, tepatnya 0,47%, dengan acuan Infovesta Money Market Fund 90. RD pasar uang adalah produk reksa dana berisikan instrumen pasar uang seperti deposito berjangka dan tabungan bank atau surat utang berumur di bawah 1 tahun.

Penyebab utama dari kenaikan potensi keuntungan (return) investasi RD pendapatan tetap adalah positifnya return dari pasar obligasi khususnya surat utang negara (SUN). Keuntungan tersebut bisa dicerminkan oleh Indeks Indobex Government Total Return yang diterbitkan PT Penilai Harga Efek Indonesia.

Indeks Indobex Government Total Return menunjukkan adanya kenaikan 0,19% sepanjang November, yang menjadi kombinasi dari kenaikan harga dan atau kupon dari obligasi pemerintah.

 

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2E6bXyH

December 11, 2019 at 02:43PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Reksa Dana Saham Tekor, 10 Produk Ini Terbang Double Digit"

Post a Comment

Powered by Blogger.