Search

Pertumbuhan Ekonomi 2020 Diperkirakan Stagnan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan kondisi di tahun ini. Dari data kajian Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), pertumbuhannya diperkirakan berada di kisaran 4,85%-5,1%.

Meski demikian, angka itu tak mudah diraih. Apalagi kondisi global sedang tak menentu dengan terjadinya perang dagang antara AS-China dan gejolak geopolitik di sejumlah kawasan.


"Pertumbuhan ekonomi global mengalami penurunan. Semua proyeksi menunjukkan adanya penurunan," kata Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani pada konferensi pers Outlook Perekonomian Apindo di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

"Tahun 2020 kelihatannya situasinya tidak terlalu menjadi lebih baik, terutama ekonomi besar seperti Tiongkok. Mereka prediksikan tahun 2020 tidak sesuai harapan mereka. Ini tentu berdampak bagi Indonesia."

Menurut Apindo, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, RI harus menerapkan omnibus law. Penerapan Omnibus Law diharapkan dapat memperkuat peran dan mendukung implementasi kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan, seperti 16 Paket Kebijakan Ekonomi dan Online Single Submission (OSS).


Apindo percaya hal itu akan menggenjot investasi, bukan hanya luar tapi juga lokal dan daerah. Alhasil lapangan kerja bisa kian terbuka.

Sementara itu, Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyebut berdasar data AC Nielsen, konsumsi rumah tangga memiliki pengaruh mencapai 60% terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Yang men-drive ekonomi kita adalah konsumsi rumah tangga. Kalau distribusi pendapatan lebih luas, otomatis memberi kontribusi lebih positif bagi perekonomian kita ke depan," sebutnya.

Dalam APBN-P target pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,20%. Walaupun realisasi pertumbuhan kuartal IV-2019 baru akan dirilis pada media Februari 2020, namun hasilnya diproyeksikan tidak akan jauh berbeda dengan realisasi pencapaian pertumbuhan kuartal III-2019 yaitu 5,02.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2E4x5Wb

December 11, 2019 at 02:34PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertumbuhan Ekonomi 2020 Diperkirakan Stagnan"

Post a Comment

Powered by Blogger.