Search

Ada Tol Japek Layang, Jakarta-Bandung Jadi Berapa Jam?

Jakarta, CNBC Indonesia - Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Japek Layang sudah bisa dilewati masyarakat mulai hari ini, Minggu (15/12/2019. Bahkan untuk sementara, penggunaan ruas tol ini masih tanpa dipungut tarif alias gratis.

Adanya tol ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di tol yang sudah ada di bawahnya atau ekstisting.
General Manager Traffic PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JJLC), anak usaha PT Jasa Marga Tbk (JSMR), Aprimon mengatakan, dengan tol layang ini maka kemacetan di tol eksisting berkurang 40%.

Foto: Presiden Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)


"Kalau untuk kemacetan kita prediksi 40% lalu lintas Japek eksisting sekarang pindah ke atas," katanya di Simpang Susun Cikunir, Bekasi, Minggu (15/12/2019), dikutip Detikfinance.


Dia mengatakan, keberadaan jaln tol ini bisa memangkas waktu tempuh antar wilayah. Dia mencontohkan, Jakarta-Bandung yang biasanya menempuh waktu 3-4 jam bisa terpangkas sekitar 30 menit.


"Jadi otomatis kalau di bawahnya lancar pasti kecepatannya lebih cepat, yang ke Bandung tadinya 3-4 jam mungkin dengan ini bisa terpangkas setengah jam waktu tempuhnya," ungkapnya.

Sejalan dengan itu, dia mengimbau agar pengguna tol menyiapkan segalanya termasuk BBM sebelum naik tol layang. Lantaran, di tol layang tidak ada tempat peristirahatan maupun SPBU.

"Kita sampaikan masyarakat melalui spanduk, leaflet bahwa yang naik elevated rest area terdekat adalah KM 50 diharapkan masyarakat sebelum naik elevated menyiapkan baik dari sisi fisik BBM segala macam," ujarnya.

"Arah sebaliknya juga demikian kita juga menyampaikan masyarakat sosialisasi bahwa tempat istirahat berikutnya KM 6, kalau naik dari KM 48 artinya 38 km nggak ada tempat istirahat," tutupnya.

Jokowi resmikan Jakarta-Cikampek II Elevated

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2PnyaP3

December 15, 2019 at 07:37PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Tol Japek Layang, Jakarta-Bandung Jadi Berapa Jam?"

Post a Comment

Powered by Blogger.