Search

Temui BEI, Ini Prioritas Penyelesaian Kisruh Tiga Pilar

Dari sisi operasional, Yetna menjelaskan bahwa dari dua entitas usaha yang dimiliki AISA terdapat beberapa anak usaha yang operasionalnya masih dikendalikan oleh manajemen lama yang dipimpin oleh Stefanus Joko Mogoginta (Direktur Utama sebelumnya) sehingga perlu waktu untuk mengkonsolidasikan kembali perusahaan.

Terakhir, untuk hasil investigasi atas laporan keuangan tahun 2017 yang dirilis pekan ini, BEI akan kembali melakukan pertemuan dengan pihak TPS Food bersama dengan lembaga yang melakukan investigasi yakni EY.

"Soal sanksi, bursa perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu bagaimana proses audit dan dilihat bagaimana penyajian laporan keuangan. Kalau [masalah] dari akuntan publik akan jadi laporan kalau ada indikasi karena bukan wewenang bursa," jelas dia.

Sebelumnya, hasil investigasi EY terhadap laporan keuangan tersebut menunjukkan ada temuan terhadap dugaan penggelembungan pos akuntansi senilai Rp 4 triliun serta beberapa dugaan lain.


Laporan keuangan 2017 Tiga Pilar diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan yang terafiliasi dengan firma audit, pajak, dan konsultasi dunia terkemuka yaitu RSM International.

Pada 16 Januari 2019, manajemen TPS Food juga menegaskan akan melakukan penagihan utang kepada sedikitnya enam distributor perseroan dengan nilai tunggakan utang mencapai Rp 1,76 triliun.

Jika para distributor berkomitmen membayar utang-utangnya kepada TPS Good Group, maka manajemen perseroan optimistis proses restrukturisasi akan berjalan baik dan bisa memulihkan kinerja perusahaan.

Pasalnya, utang para distributor tersebut mewakili 86% dari piutang TPS Food per Desember 2017. Dengan demikian, penagihan tersebut adalah jalan keluar yang dipandang direksi dapat membantu menyelamatkan perusahaan mengingat total utang dalam proses PKPU yang telah diverifikasi mencapai Rp 2,25 triliun.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2HZNFtl

March 30, 2019 at 02:31AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Temui BEI, Ini Prioritas Penyelesaian Kisruh Tiga Pilar"

Post a Comment

Powered by Blogger.