Search

Sawit RI Didiskriminasi Eropa, JK: Ini Hal Serius!

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan kekecewaannya terhadap langkah Uni Eropa yang mendiskriminasi produk Kelapa Sawit Indonesia. JK mengungkapkan langkah Eropa merupakan hal serius.

"Ini hal yang serius karena menyangkut setidak-tidaknya 15 juta rakyat yang bekerja langsung atau tidak langsung di bisnis ini," kata JK di Kantor Wapres, Selasa (26/3/2019).

Dijelaskan JK, bisnis sumber daya alam Sawit alias CPO ini nilai ekspornya cukup besar. Bahkan memberikan nilai tambah terhadap perekonomian.

"Sehingga Indonesia dan pasar Eropa itu pasar yang besar. Nah kalau ini diboikot tentu indonesia juga dapat mempunyai kekuatan pasar juga, dapat retaliasi kalau memang bukan tidak mau beli, menahan dengan aturan, maka kita juga bisa membuat retaliasi yang sama," papar JK.

JK bahkan mengancam bisa saja Indonesia menyetop pembelian produk Eropa termasuk pesawat pabrikan Airbus. Dikatakan JK, jika Eropa membuat aturan tersendiri, kenapa RI tidak bisa?

"Kalau seperti tadi oke kita tidak beli Airbus lagi, itu juga hak kita. Kalau Uni Eropa memiliki hak membuat aturan, kita juga punya hak bikin aturan."

Simak Video Emiten Sawit Tertekan Kebijakan Eropa
[Gambas:Video CNBC]
(dru)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Wv3BIf

March 26, 2019 at 10:15PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sawit RI Didiskriminasi Eropa, JK: Ini Hal Serius!"

Post a Comment

Powered by Blogger.