Search

Rupiah Melemah di Tiga Benua

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah melemah di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada pekan ini. Namun, diam-diam rupiah juga melemah di hadapan mayoritas mata uang Asia-Eropa. 

Sepanjang pekan ini, rupiah melemah 0,39% terhadap dolar AS. Rupiah, dan sebagian mata uang Asia lainnya, sulit menandingi keperkasaan greenback. Akhir pekan ini, Dollar Index (yang mencerminkan posisi dolar AS secara relatif terhadap enam mata uang utama dunia) ditutup di 96.527, tertinggi sejak 21 Februari. 


Penderitaan rupiah tidak selesai sampai di situ. Satu lawan satu melawan mata uang utama Asia, rupiah pun sulit berbicara banyak.  

Rupiah hanya menguat di hadapan yen Jepang dan baht Thailand. Sementara melawan yuan China sampai ringgit Malaysia, rupiah tak berdaya. 

Berikut perubahan nilai tukar sejumlah mata uang utama Benua Kuning terhadap rupiah sepanjang pekan ini: 

 

Beralih ke Eropa, rupiah juga melemah terhadap mata uang utama Benua Biru. Bahkan terhadap poundsterling Inggris, rupiah melemah di atas 1%. 

Pekan ini sepertinya perlu cepat-cepat dilupakan oleh rupiah, yang melemah di tiga benua (Amerika, Eropa, dan Asia). Mata uang Tanah Air harus bisa move on dan memulai pekan yang baru dengan lebih baik. 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

Saksikan pernyataan Bos Bank Indonesia yang masuk kemurahan (undervalue) di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(aji/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2HbPmTW

March 02, 2019 at 11:55PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Melemah di Tiga Benua"

Post a Comment

Powered by Blogger.