Search

Ekonomi Dunia 'Mendung', IHSG Jatuh 0,8% Hingga Tengah Hari

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengawali hari dengan pelemahan sebesar 0,28%, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memperlebar kekalahannya menjadi 0,8% hingga akhir sesi I ke level 6.406,34. Titik terendah IHSG pada hari ini berada di level 6.403,68.

IHSG senasib dengan bursa saham utama kawasan Asia yang juga sedang diterpa tekanan jual: indeks Nikkei melemah 2,08%, indeks Shanghai anjlok 2,9%, indeks Hang Seng terkoreksi 1,5%, indeks Straits Times terpangkas 0,69%, dan indeks Kospi turun 1,15%.

Awan mendung yang menyelimuti perekonomian dunia berhasil memantik aksi jual di bursa saham Benua Kuning. Kemarin (7/3/2019), European Central Bank (ECB) memutuskan untuk memangkas habis target pertumbuhan ekonomi Zona Euro untuk tahun ini menjadi 1,1%, dari yang sebelumnya 1,7%. Target pertumbuhan untuk tahun depan juga dipangkas menjadi 1,6%, dari yang sebelumnya 1,7%.

"Kehadiran dari ketidakpastian terkait dengan faktor-faktor geopolitik, ancaman dari proteksionisme, dan kerentanan di negara-negara berkembang nampak telah mempengaruhi sentimen ekonomi (di Zona Euro)," papar Gubernur ECB Mario Draghi dalam konferensi pers usai rapat, mengutip CNBC International.

Memang, ECB tak tinggal diam. Bank sentral mengumumkan pemberian stimulus moneter guna mendongkrak laju perekonomian Zona Euro. Selain menahan tingkat suku bunga acuan di level 0% dan memperkirakan bahwa tidak akan ada kenaikan hingga akhir tahun, ECB mengumumkan akan memulai program stimulus TLTRO-III pada September 2019 yang direncanakan tuntas pada Maret 2021.

TLTRO merupakan pinjaman yang diberikan ECB kepada bank-bank Eropa pada tingkat suku bunga yang rendah. Hal tersebut diharapkan akan memudahkan bank-bank tersebut menyalurkan kredit kepada konsumen yang pada akhirnya dapat membantu merangsang perekonomian. Suntikan stimulus semacam ini merupakan yang ketiga setelah sebelumnya diberikan pada tahun 2016 dan 2017.

Namun tetap saja, revisi yang diumumkan oleh ECB dianggap terlalu dalam oleh investor sehingga aksi jual di pasar saham tak terhindarkan. (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2NQ09ob

March 08, 2019 at 07:25PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekonomi Dunia 'Mendung', IHSG Jatuh 0,8% Hingga Tengah Hari"

Post a Comment

Powered by Blogger.