Search

Fahri Tantang Jokowi Teken Perppu Pengembalian Lahan HGU

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 01 yang juga petahana Joko Widodo (Jokowi) ditantang menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang pengembalian lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang dimiliki pengusaha.

Salah satu di antara pengusaha itu adalah calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Tantangan itu disampaikan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah via akun Twitter pribadi seperti dikutip dari pemberitaan CNN Indonesia, Senin (25/2/2019).


Tantangan Fahri merespons kesediaan Prabowo mengembalikan lahan HGU yang dimiliki kepada negara. Menurut dia, pernyataan Prabowo merupakan momen yang tepat bagi Jokowi menerbitkan perppu tersebut.

"Ayo pak @jokowi ambil ballpoint teken sekarang juga. Bila perlu tulis tangan aja kalau gak ada tukang ketik. Simpel pak, berani ya? #PerpuHGU," ujar Fahri dalam akun Twitter pribadinya @Fahrihamzah, Senin (25/2).

"Nah, pak @prabowo sudah bersedia. Maka perlu payung hukum agar berlaku bagi semua. Mumpung pak prabowo ok, segeralah pak @jokowi teken #Perpu HGU malam ini lah paling telat, besok pagi diumumkan. Ayo pak," ujarnya.

Jokowi Ditantang Tanda Tangani Perppo Pengembalian Lahan HGUFoto: Debat Kedua Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Holten Sultan, Jakarta, (17/2). (Reuters/Willy Kurniawan)

Fahri menuturkan penandatanganan perppu tersebut sebagai bukti bahwa Jokowi memahami arti dari reforma agraria. Ia berkata turunan atas kebijakan reforma agraria adalah pengembalian lahan.

Sementara terkait dengan pembagian sertifikat lahan yang dilakukan Jokowi, Fahri menilai hal itu bukan bagian dari reforma agraria. Pembagian sertifikat lahan, lanjutnya, merupakan tugas administrasi yang seharusnya dikerjakan Lurah.

Fahri mengklaim DPR pasti mendukung Jokowi untuk penerbitan Perppu HGU karena musim pemilu. Bahkan, ia menyatakan perppu tersebut akan menjadi UU dalam waktu satu bulan. Jika Perppu tersebut lahir, ia juga menilai akan menjadi produk asli Jokowi.

Simak video terkait pernyataan Jokowi saat debat kedua pilpres 2019 di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2XozJOD

February 25, 2019 at 09:58PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fahri Tantang Jokowi Teken Perppu Pengembalian Lahan HGU"

Post a Comment

Powered by Blogger.